Bisnis Indonesia - bisnis.com
Rabu, 29 Maret 2017

Hari Ini    WIB

Subuh

Zuhur

Ashar

Maghrib

Isya

Anak Mimisan? Lakukan Ini

Atiqa Hanum Kamis, 01/12/2016 02:58 WIB
Anak Mimisan? Lakukan Ini
Ilustrasi.
.

Bisnis.com, JAKARTA—Melihat darah yang mengalir dari salah satu anggota tubuh memang membuat seseorang bisa panik. Seperti saat menghadapi anak yang mengalami mimisan.

Mimisan pada anak biasanya terjadi karena adanya pembuluh darah yang rapuh sehingga mudah pecah di lapisan dindin hidung.

Oleh karena itulah anak-anak lebih sering mengalami mimisan dibandingkan dengan orang dewasa. Melihat hal ini, kadang orang tua panik karena melihat darah yang keluar dari hidung.

Namun, orang tua bisa mengatasi dengan sendirinya agar bisa membantu sang anak menghentikan alirah darah yang keluar tersebut. Mau tahu caranya?

Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life Lelitasari mengatakan untuk melakukan pertolongan pada anak maupun orang dewasa sekalipun yang masih dalam keadaan sadar segera dudukkan mereka ke posisi agak membungkuk ke depan dan letakkan kain bersih di bawah hidung.

“Ambillah handuk atau kain untuk mengompres dengan es. Bisa juga basahi dengan air dingin lalu taruh di daerah belakang leher atau dahi untuk menghentikan pendarahan,” jelasnya di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dia menambahkan apabila pendarahan tidak berhenti jua, segera hubungi dokter.

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...