Bisnis Indonesia - bisnis.com
Sabtu, 03 Desember 2016

Hari Ini    WIB

Subuh

Zuhur

Ashar

Maghrib

Isya

Pelaku Usaha Pariwisata Diminta Bersinergi

David Eka Issetiabudi Jum'at, 02/12/2016 17:08 WIB
Pelaku Usaha Pariwisata Diminta Bersinergi
Kawasan Boulevard di Manado Sulawesi Utara
Indonesia.Travel

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berharap pelaku usaha sektor usaha mendukung penuh beragam rencana agenda pariwisata akhir tahun di Bumi Nyiur Melambai.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw saat melakukan pertemuan dengan pelaku usaha perhotelan, Jumat (2/12/2016).

Steven mengatakan dengan upaya Pemda menghadirkan wisatawan asing, pelaku usaha diharapkan juga ikut mendukung dengan memberikan pelayanan terbaik.

“Perbaikan infrastuktur penunjang juga diperlukan, karena semua keuntungan finansial dari tamu yang datang dikembalikan kepada pelaku usaha ,” ujarnya.

Dikatakan, helatan agenda pariwisata di Sulut, khususnya akhir tahun, mencapai puncaknya, seperti dihadirkannya Christmas Festival.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw menegaskan kepada para pelaku usaha di bidang perhotelan yang ada di Sulut untuk bersinergi mendukung semua program pengembangan pariwisata Sulut.

“Para pelaku usaha perhotelan mohon mendukung agar kegiatan itu sukses dan Sulut bisa lebih dikenal. Hotel diharapkan memasang ornamen natal se menarik mungkin,” tuturnya.

Tingkat kunjungan wisman di Sulut tahun ini mengalami peningkatan drastis seiring dengan dibukanya penerbangan langsung China – Manado.

Berdasarkan data BPS Sulut, sepanjang Oktober wisman yang masuk lewat bandara Sam Ratulangi Oktober 2016 sebanyak 3.791 orang atau menurun sebesar 36,45% dibandingkan dengan bulan sebelumnya berjumlah 5.965 Orang.

Kepala BPS Sulut Mohamad Edy Mahmud mengatakan Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Sulawesi Utara Oktober 2016 mencapai 68,37% atau meningkat 0.48 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Tingkat keterisian paling tinggi untuk hotel bintang 4,” katanya.

TPK hotel bintang 4 pada Oktober 2016 mencapai 81,73% dan merupakan TPK tertinggi diikuti hotel bintang 3 sebesar 66,56%, bintang 5 sebesar 60,34%, bintang 2 sebesar 43,18%, dan bintang 1 sebesar 25,17%.

Sementara itu, General Manager Aston Manado Hotel I Putu Anom Dharmaya mengatakan pihaknya sudah mulai menghias pernak pernik Natal, sekaligus sudah menjalankan paket khusus selama Natal dan Tahun Baru.

“Aktivitas Mice masih terus berlangsung, nanti pengunjung khusus Natal dan Tahun baru akan terasa mulai dari 20 Desember. Untuk paket perayaan maupun ibadah Pra Natal juga sudah kami siapkan paketnya,” ujarnya.

Putu menambahkan tingkat okupansi dampak kunjungan liburan Natal akan terasa pada minggu ketiga hingga Desember pekan pertama Januari.

“Minggu pertama masih full oleh mice, minggu kedua akan turun, dan barulah minggu ketiga pengunjung yang ingin berlibur,” katanya.

 

 

Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Apps Bisnis.com available on:    
more...