MUDIK LEBARAN 2014: Menhub Klaim Jalur Selatan Siap Dilalui Pemudik

Kementerian Perhubungan memastikan jalur selatan Jawa Barat, yang menghubungkan Kabupaten Bandung, Garut dan Tasikmalaya, siap dilalui pemudik selama arus mudik Lebaran 2014.
Nagrek -

Bisnis.com, BANDUNG--Kementerian Perhubungan memastikan jalur selatan Jawa Barat, yang menghubungkan Kabupaten Bandung, Garut dan Tasikmalaya, siap dilalui pemudik selama arus mudik Lebaran 2014.

Menteri Perhubungan E.E Mangindaan, saat memantau kesiapan jalur mudik di jalur selatan, menyimpulkan kondisi infrastruktur jalan cukup baik dan siap dilalui pemudik, meskipun beberapa ruas jalan seharusnya dilakukan pembetonan.

"Proses perbaikan jalan telah selesai, tapi nanti akan dilanjutkan kembali setelah musim arus mudik dan balik berakhir," katanya kepada wartawan seusai memantau kesiapan jalur mudik di Nagreg, Jawa Barat, Rabu (2/7/2-14).

Dia menyebutkan kawasan Nagreg, Limbangan, dan Gentong menjadi titik yang mesti diantisipasi karena kondisi medannya yang curam dan menjadi jalur rawan kemacetan. 

Menurutnya, keberadaan jalur lingkar Nagreg telah menimbulkan titik kemacetan baru yang harus diantisipasi. Apalagi, jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pada tahun ini diprediksi akan melonjak. 

Kemenhub mengusulkan agar diberlakukan kanalisasi setiap 500 meter di jalur mudik agar pemudik lebih tertib dan pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran kepolisian.

"Kami terus menyosialisasikan kepada masyarakat agar mudik tidak menggunakan sepeda motor. Akan tetapi, kami juga tidak bisa menjamin masyarakat akan beralih menggunakan transportasi massal saat arus mudik nanti."

Berdasarkan analisis Kemenhub, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi massal seperti kereta api meneningkat sekitar 4,6%, dan untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang telah disiapkan dua rangkaian kereta tambahan.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor :

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup