Kamus Ramadan: Lailatul Qadar Malam Penuh Benefit

Bisnis.com, JAKARTA--Margasatwa tak berbunyi
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 16 Juli 2014  |  13:08 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Margasatwa tak berbunyi

Gunung menahan nafasnya

Angin pun berhenti

Pohon-pohon tunduk

Dalam gelap malam

Pada bulan suci Qur'an turun ke bumi

Qur'an turun ke bumI...

Itulah  penggalan lirik Lagu  Laitul Qadar ciptaan budayawan Taufiq Ismail. Lagu ini dinyanyikan oleh Group Bimbo pada era 1980-an, kemudian dipopulerkan oleh Group Band Gigi,setelah 2002.

Berbagai literatur menyebutkan malam Lailatul Qadar  syarat maknawi dan begitu disucikan oleh kaum muslimin karena menjadi  malam pertama kalikitab suci Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup.Dengan demikian, tidak perlu diragukan lagi kalau malam  Lailatul Qadar  dianggap sebagai malam yang penuh kesakralan.

Pertanyaan yang muncul saat Ramadan adalah kapan  datngnya  malam Lailatul Qadar?

Hadist  dari Aisyah RA  menyebutkan: Rasulullah SAW beri'tikaf di 10 hari terakhir bulan Ramadan dan beliau berfirman, (yang artinya) "Carilah malam Lailatur Qodar dihitungan (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan."

Dengan demikian, malam Lailatul Qadar akan datang di antara malam  ke-21, 23, 25, 27 atau ke-29 bulan suci Ramadan.

Bagi kaum muslimin yang menderita sakit atau gangguan fisik yang kurang memadai, diimbau untuk tidak sampai melepaskan kegiatan ibadah pada 7 hari terakhir Ramadan.

Sebab dalam hadist  riwayat Ibnu Umar,  Rasulullah SAW menyatakan: “Manfaatkan pada 10 hari terakhir [Ramadan]. Jika tidak mampu, maka jangan sampai terlewati masa waktu 7 hari mendekati akhir ”

FENOMENA ALAM

Datangnya  malam Lailatul Qadar diisyaratkan dengan tanda-tanda fenomena alam. enomena tersebut, menurut Nabi Muhammad SAW, antara lain udara dan suasana pagi yang begitu tenang.

 “Lailatul qadar adalah malam terasa sunyi dan berhawa tenang, cuaca rata-rata tidak panas atau dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah” (Hadist  riwayat Ibnu Abbas RA)

 “Keesokan hari dari  Lailatul Qodar terlihat matahari terbit tinggi tanpa sinar bak nampan” (HR Muslim)

Hadist lain dari Rasulullah SAW meenyebutkan Lailatul Qadar adalah malam yang suasananya sedang terang, suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin serta cerah, angin bertiup tenang, tanpa ada meteor jatuh di galaksi, ” (HR. at-Thobroni dalam al-Mu’jam al-kabir 22/59, Sanad Hasan)

Abu Hurairoh radliyallahu’anhu mengungkapkan pihaknya  pernah membahas tentang Lailatul Qodar dengan Rasulullah. Beliau berkata, “Siapakah dari antaramu semua yang masih mengingat saat bulan muncul, yang berukuran separuh bulatan bak nampan.” (HR. Muslim)

Bahkan, sebagian para sahabat Nabi Muhammad turut merasakan datangnya malam Lailatul Qodar. dalam mimpi

 BENEFIT & DOA

 Lailatul Qadar adalah suatu malam yang penuh dengan keutamaan dan berkah/benefit.. Allah SWT menjelaskan hal ini dalam Al  Qur’an.

“Dan tahukah kamu apa malam Lailatul Qadar itu?. Yaitu suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turunlah para malaikat dan ruh (malaikat Jibril) dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Al-Qadr: 2-5)

Lalu doa apa yang perlu dibaca untuk menyambut malam 100 bulan itu?

Diriwayatkan bahwa ‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata: Wahai Rasulullah, apa yang sebaiknya aku baca bila bertepatan dengan malam Lailatul Qadar?” Rasulullah bersabda,  bacalah:

"Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni." (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampunan, maka ampunilah aku)  (HR: At-Tirmidzi 3760, Ibnu Majah 3850, dan Ahmad VI/171).

Tentu keutamaan yang amat besar  tadi  membuat hati kaum muslimin  jernih dan akal sehat terdorong untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Selamat menyongsong datangnya hari-hari ganjil pada 10 terakhir Ramadan 2013.

Sumber:  VOA Islam.com dan berbagai sumber  (foto: misterilintas.me)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lailatul qadar, taufiq ismail, bimbo

Editor : Ismail Fahmi
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top