JELANG LEBARAN: Semarang Waspadai Maraknya Anjal & Gelandangan

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mewaspadai keberadaan pengemis, anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang kian marak menjelang Lebaran tahun ini.
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 17 Juli 2014  |  20:34 WIB

Bisnis.com, SEMARANG— Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mewaspadai keberadaan pengemis, anak jalanan, gelandangan dan pengemis yang kian marak menjelang Lebaran tahun ini.

Hendrar meminta kepada masyarakat Semarang untuk berhati-hati terhadap anak gelandangan, pengamen dan pengemis yang kerap mangkal di terminal, mall, di perempatan jalan hingga ke perumahan warga. Pasalnya, mereka seringkali mengais rezeki tanpa harus bekerja keras.

“Apalagi sekarang bulan Ramadan, keberadaan mereka tambah banyak,” papar Wali Kota seperti dikutip dalam laman semarangkota.go.id, Kamis (17/7/2014).

Wali Kota Semarang menyarankan untuk tidak memberikan uang cuma-cuma kepada mereka karena mengakibatkan ketagihan atau mengurangi kegiatan serupa.

Alangkah baiknya, kata dia, mereka dikoordinasi bersama-sama pada tempat khusus seperi panti asuhan dan Balai Latiha Kerja (BLK) kemudian diberi ketrampilan khusus sesuai dengan minat dan bakatnya agar kedepannya tidak menggantungan orang lain. “Mereka bisa mandiri dan menghasilkan pendapatan sendiri,” tuturnya.

Hendrar mengatakan pihak Pemkot Semarang selama Ramadan memastikan akan membuat nyaman keberadaan anjal dan gepeng tersebut. Pemkot Semarang akan terus melakukan peneriban keberadaan anjal dan pedagang kaki lima (PKL) yang terutama tersebar di jalan-jalan protokol.

“Kami tertibkan untuk yang kedua kali selama Ramadan. Yang pertama menjaring 20 orang dan yang kedua mendapat 70 orang,” ujarnya.

Wali Kota Semarang mengimbau kepada warga dan sekitarnya yang akan meninggalkan rumah atau pulang kampung (mudik) memastikan tidak ada listrik yang di colok dan kompor menyala di rumah masing-masing. Dan untuk menitipkan rumahnya kepada warga yang tidak mudik, demi keamanan bersama.

“Saya ingatkan untuk mengecek listrik-listrik dan kompor ketika akan meninggalkan rumah,” urainya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jelang lebaran, anak jalanan

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top