ARUS BALIK LEBARAN 2014: Bandara di Malang Mulai Padat Penumpang

Peningkatan jumlah penumpang arus balik mulai terasa di Bandara Abdul Rachman Saleh Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Mohammad Sofi'i
Mohammad Sofi'i - Bisnis.com 30 Juli 2014  |  22:47 WIB
Suasana di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya pada Minggu 27 Juli 2014 - Bisnis/Peni Widarti

Bisnis.com, MALANG - Peningkatan jumlah penumpang arus balik mulai terasa di Bandara Abdul Rachman Saleh Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Malang, Untung Sudarto, mengatakan jumlah penumpang arus balik Lebaran pada Rabu (30/7/2014) mencapai 970 orang.

“Sedangkan jumlah kedatangan dari delapan pesawat yang ada membawa 1.083 orang,” kata Untung, Rabu (30/7).

Peningkatan jumlah penumpang yang menggunakan pesawat selama Lebaran cenderung padat. Kendati jumlah kedatangan penumpang mulai menunjukkan penurunan jika dibandingkan H-1 Lebaran. Namun secara umum rata-rata masih di atas 1.000 orang.

Menurutnya jumlah penumpang sejumlah maskapai penerbangan di bandara itu pada Senin (28/7/2014) tercatat menggunakan tujuh maskapai dan mengangkut sedikitnya 1.043 orang. Dari jumlah itu sebanyak 532 orang diantaranya berangkat dari Malang.

Sedangkan pada Minggu, jumlah kedatangan sebanyak 10 kali penerbangan dan membawa 1.388 orang, serta jumlah keberangkatan mencapai 911 orang.

“Memasuki Lebaran hari kedua pada Selasa (29/7) mulai terjadi penurunan penumpang yang datang ke Malang, namun ada peningkatan pada keberangkatan,” jelas dia.

Sebanyak tujuh pesawat yang datang mengangkut 1.007 orang, dan penumpang yang berangkat dari bandara itu sebanyak 715 orang. Jumlah penumpang yang cenderung meningkat tersebut disebabkan adanya penambahan penerbangan (ekstra flight).

Sriwijaya Air misalnya yang sebelumnya hanya melayani tiga kali penerbangan Malang-Jakarta dan Jakarta-Malang, menambah dua kali penerbangan menjadi lima kali sehari mulai 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Sementara itu jumlah penumpang di terminal bus Arjosari Kota Malang mulai menunjukkan penurunan.

Kepala Tata Usaha Terminal Arjosari Kota Malang, Agus Ruskandi, mengatakan jumlah kedatangan bus mencapai 300 unit dan didominasi bus antarkota dalam provinsi (AKDP). “Masing-masing bus tujuan Malang-Blitar atau sebaliknya misalnya hanya membawa rata-rata 40 penumpang,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara, lebaran, Arus Balik

Editor : Stefanus Arief Setiaji
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top