Satu Juta Jamaah Padati Masjidil Haram Di Awal Ramadan

Sedikitnya satu juta jamaah menunaikan salat di Masjidil Haram pada hari pertama Ramadan, 19 Juni 2015.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 21 Juni 2015  |  16:49 WIB
Raja Salman memasuki Ka'bah. - youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya satu juta jamaah menunaikan salat di Masjidil Haram pada hari pertama Ramadan, 19 Juni 2015.

Jamaah dari berbagai negara berikut yang menjalankan ibadah umrah tampak berkumpul di Masjidil Haram sejak Jumat subuh waktu setempat. Mereka mengisi berbagai koridor, beberapa lantai dalam suasana aman dan sejuk.

Aktivitas tersebut dibarengi dengan aksi sosial badan pemerintah dan swasta memberikan layanan terbaik bagi jamaah sebagai tamu Allah di depan Masjdil Haram. Layanan tersebut dimaksudkan agar para jamaah bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk dan nyaman saat mereka tawaf hingga kembali ke rumah masing-masing.

Kali ini jamaah selaku tamu Allah diuntungkan dengan proyek perluasan mataf yang meliputi pembangunan gedung tiga lantai di sekitar Kabah sehingga mereka bisa beribadah dengan nyaman. Pembangunan tersebut juga didesain khusus bagi pengguna kursi roda.

Meskipun suhu udara sangat panas, Kerajaan memasang penyejuk udara dan sekitar 250 kipas angin yang menyemprotkan air dingin di Masjidil Haram untuk mengurangi efek temperatur tinggi.

Selain itu, Kerajaan juga menyiapkan pembimbing dan petugas keamanan dalam jumlah besar di sekitar Masjdil Haram dan di depan eskalator guna membantu jamaah dan orang-orang lanjut usia yang mengalami kesulitan.

Brigadir jenderal Muhammad Al-AHmadi, Komandan Satuan Tugas Keamanan Masjidil Haram, dalam keterangannya mengatakan, "Kendati temperatur tinggi, kapasitas masjid dioperasikan sekitar 95%. Semua itu dengan pertimbangan demi kenyamanan jamaah."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
masjidil haram, Awal Ramadan 2015

Sumber : Tempo.co

Editor : Yusran Yunus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top