Mudik Lebaran 2015: Tol Cipali Dibuka, Pusat Oleh-oleh Cikopo Sepi

Pusat oleh-oleh di sekitar gerbang tol Cikopo sepi sejak tol Cikopo-Palimanan (Cipali) beroperasi pertengahan Juni.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 14 Juli 2015  |  14:14 WIB
Sejumlah kendaraan antre memasuki gerbang tol Cikopo/Palimanan (Cipali) di Subang, Jawa Barat.
Bisnis.com, KARAWANG -- Pusat oleh-oleh di sekitar gerbang tol Cikopo sepi sejak tol Cikopo-Palimanan (Cipali) beroperasi pertengahan Juni.
 
Tri Utami, pemilik toko oleh-oleh tak jauh dari exit toll Cikopo, mengeluh omzetnya menurun sejak tol Cipali dibuka. Tidak banyak pengunjung yang mampir ke tokonya dalam sebulan terakhir. 
 
Sebelumnya, dari berjualan peyeum, aneka keripik dan kerupuk, serta boneka, dia bisa meraup pendapatan paling sedikit Rp500.000 per hari.
 
Ketika musim liburan sekolah atau mudik Lebaran tiba, pendapatannya berlipat menjadi Rp2 juta per hari.
 
Omzet itu kini merosot hingga separuhnya. Musim mudik bahkan tak cukup menolong. Bisa menggenggam Rp500.000 saja sehari di tangannya, dia sangat bersyukur. 
 
"Dulu jalan di depan toko ini macet, terutama kalau liburan. Sekarang bisa buat main sepakbola saking sepinya," kata perempuan asal Pekalongan ini, Selasa (14/7/2015).
 
Tri yang sudah berjualan selama lima tahun sejauh ini masih bertahan sembari berharap 'rezeki' kembali mampir ke tokonya. 
 
Tak hanya toko oleh-oleh, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dan rumah makan lengang, berdasarkan pantauan Bisnis mulai dari Cikopo, Simpang Jomin, hingga Sukamandi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cikopo, jalan tol cipali

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top