Tahun Ini, Pemudik di Tanjung Perak Naik 4,5%

Pada tahun ini, jumlah pemudik yang tiba dan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mencapai 82.313 orang, didominasi oleh penumpang kapal laut dari wilayah timur Indonesia.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 22 Juli 2015  |  19:00 WIB
KM Tidar bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak - Bisnis.com/Sukirno

Bisnis.com, SURABAYA—Pada tahun ini, jumlah pemudik yang tiba dan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mencapai 82.313 orang, didominasi oleh penumpang kapal laut dari wilayah timur Indonesia.

Menurut PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), angka tersebut merupakan laporan jumlah penumpang terhitung mulai H-15 Idulfitri (2 Juli 2015) hingga hari H Idulfitri (17 Juli) tahun ini.

“Jumlah tersebut naik 4,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang mencapai 78.765 orang,” jelas Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam laporannya, Rabu (22/7/2015).

Tahun lalu, terjadi peningkatan jumlah pemudik dengan kapal laut sejumlah 6,3% dibandingkan periode 2013 sejumlah77.440 orang. Berdasarkan data terbaru, pada H+3 lebaran tahun ini, tercatat ada 88.176 penumpang, naik 4,4% dibandingkan tahun lalu.

Edi menjabarkan mayoritas pemudik yang tiba di Tanjung Perak berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.  Selain itu juga dari berbagai pelabuhan besar seperti di Pelabuhan Batulicin, Balikpapan, Kumai, dan Sampit.

“Inilah mengapa pemerintah terus mendukung peningkatan pelayanan di pelabuhan yang digadang-gadang menjadi gerbang kawasan Indonesia Timur. Di Tanjung Perak sendiri telah dibangun terminal modern Gapura Surya Nusantara yang memliki garbarata,” tuturnya.

Tahun ini, Pelindo III menyiagakan 38 kapal kapasitas besar untuk melayani arus mudik-balik di Tanjung Perak. Sejumlah 15 di antaranya adalah milik PT Pelni (Persero), sedangkan 23 kapal lainnya merupakan kapal ro-ro dan perintis milik perusahaan swasta.

Menurut Edi, pemudik yang belum terangkut difasilitasi oleh kapal perang milik TNI-AL, seperti KRI Teluk Hading yang mengangkut 442 penumpang dari Banjarmasin ke Tanjung Perak.

Sementara itu, pemudik rute Tanjung Priok—Tanjung Perak tahun ini mencapai 673 penumpang dengan bawaan 200 sepeda motor. Mereka dilayani oleh KRI Surabaya. Untuk arus balik, KRI Makassar dikerahkan mengangkut 710 penumpang dan 140 sepeda motor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tanjung perak

Editor : Bastanul Siregar
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top