IDUL FITRI 2016: Budaya Maaf Dapat Menjaga Tatanan Kehidupan Sosial

Budaya maaf, baik meminta atau memberi maaf, harus terus dilestarikan untuk menjaga tatanan kehidupan sosial bermasyarakat.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 11 Juli 2016  |  15:54 WIB
Sholat Idul Fitri - Bisnis

Bisnis.com, TANGSEL- Budaya maaf, baik meminta atau memberi maaf, harus terus dilestarikan untuk menjaga tatanan kehidupan sosial bermasyarakat.

Sebab, jika semua orang bersikap egois, tidak mempedulikan perasaan orang lain, tidak ada budaya maaf, tentu kehidupkan ini dipenuhi dengan pertengkaran, kesalah pahaman, dan permusuhan.

Said Agil Husin Al Munawar, guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan kenyataannya sekarang masih banyak orang yang tidak mau meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

“Padahal jelas-jelas bahwa kesalahan itu dilakukan olehnya. Dan sebaliknya masih banyak yang enggan memberi maaf atas kesalahan orang lain,” katanya saat hutbah Idul Fitri di kampus UIN di Jl Juanda Ciputat, Tangsel, Rabu (6/7/2016).

Menurutnya, akibat dari sikap enggan memberi dan meminta maaf, maka sifat dendam, marah, dan benci yang ada di masyarakat itu timbul dan sulit dihilangkan, yang pada saatnya sifat tersebut justru merusak tali persaudaraan.

Keengganan meminta dan member maaf, itu terjadi karena rasa dendam yang timbul dalam hati, dan rasa dendam itu akhirnya melahirkan kemarahan seseorang sulit member maaf, bahkan lebih buruk lagi jika timbul tindakan balas dendam.

“Tindakan balas dendam inilah yang akhirnya timbul dan meresahkan masyarkata,” kata mantan Menteri Agama dalam hutbahnya bertema Membangun ketenangan jiwa dan kebahagiaan hidup dengan maaf.

Dia menjelaskan maaf merupakan kata ajaib yang mampu menguraikan masalah hidup dan menjadi senjata ampuh dalam menghapus dendam, sakit hati, dan kesalah pahaman.

Selain itu, lanjutnya, maaf dapat menyambung kembali tali silaturahmi yang terputus. Meskipun maaf mudah dituliskan, namun tidak semudah diucapkan dan ada kalanya tidak mampu mengalahkan ego masing-masing.

Kegiatan salat Idul Fitri yang diselenggarakan DKM Masjid Fathullah UIN Syarif Hidayatullah di Ciputat Tangsel diikuti ribuan jamaah putra-putri dari wilayah Ciputat dan daerah sekitarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tangerang selatan, UIN Jakarta

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top