MUDIK LEBARAN 2017 : Polisi Akan Batasi Waktu Singgah di Rest Area

Guna menghindari penumpukan kendaraan dan kemacetan di sekitar rest area pada saat arus mudik, Polda Metro Jaya berencana menetapkan batasan waktu berhenti bagi para pemudik serta sistem buka tutup di rest area.
Ilustrasi 'rest area' - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA -- Guna menghindari penumpukan kendaraan dan kemacetan di sekitar rest area pada saat arus mudik, Polda Metro Jaya berencana menetapkan batasan waktu berhenti bagi para pemudik serta sistem buka tutup di rest area.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menjelaskan, mendekati wilayah rest area, pengendara biasanya akan memperlambat laju kendaraannya sehingga hal ini berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Padahal, kapasitas penampungan rest area sangatlah terbatas.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan diskusi dengan pengusaha di rest area untuk bisa melakukan skema buka tutup ketika rest area sudah terlihat penuh dan tidak lagi sanggup menampung kendaraan.

“Saya sampaikan tadi, orang akan masuk ke rest area, itu berbondong-bondong sehingga itu mengurai kecepatannya. Kecepatan dikurangi 10 kilometer per jam, maka ke belakang akan menumpuk. Oleh sebab itu, saya akan komunikasikan dengan pengusaha rest area untuk kita bisa membuka tutup, artinya kalau di dalam sudah penuh kita akan teruskan, kendaraan tidak berhenti,” jelas Iriawan, Kamis (8/6/2017).

Namun, katanya, penutupan rest area pun tidak bisa dilakukan dalam waktu yang lama, sebab pengguna jalan lainnya juga memiliki kepentingan untuk sekedar ke toilet, makan, beristirahat, hingga mengisi bensin, Untuk itu, waktu istirahat di rest area untuk para pemudik akan dibatasi. Iriawan mengatakan, pihaknya akan mendiskusikan terkait batasan waktu maksimal yang ideal untuk para pemudik bisa singgah di rest area. Sejauh ini, waktu singgah masimal diprediksi akan mencapai satu jam.

“Namun, kan tidak bisa terus ya, sehingga di dalam juga saya akan membuat pos, pos dari polres untuk bisa memberikan public address kepada pengunjung atau penumpang yang istirahat di dalam, waktu nya kita akan diskusikan, kita akan tentukan mungkin sejam maksimal untuk bisa terus melanjutkan perjalanannya,” tambahnya.

Guna melancarkan proses buka tutup ini, petugas yang ditempatkan di dalam rest area akan berkoordinasi dengan petugas yang bersiaga di jalan sehingga koordinasi terkait waktu buka tutup serta situasi jalan bisa dipantau.

“Di luar ada petugas kami, lalu lintas, untuk menutup, buka-tutup komunikasi antara yang diluar dan didalam,” pungkasnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup