TNI AL & UIN Jakarta Gelar MTQ Antar Mahasiswa se-Jabodetabek

Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) TNI Angkatan Laut menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqah Hifdhil Quran (MHQ) antar mahasiswa se-Jabodetabek pada 12-14 Juni 2017.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 12 Juni 2017  |  18:45 WIB
Alquran. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) TNI Angkatan Laut menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqah Hifdhil Quran (MHQ) antar mahasiswa se-Jabodetabek pada 12-14 Juni 2017.

Musabaqah MTQ/MHQ terlaksana atar kerja sama Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan Koarmabar TNI-AL sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-72 TNI pada 5 Oktober 2017.

Peresmian dimulainya MTQ/MHQ dilaksanakan oleh Panglima Koarmabar Laksamana Muda TNI AL Aan Kurnia, didampingi Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada dan Dekan FDIK Arif Subhan di kampus UIN Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (12/6/2017).

Kurnia mengatakan MTQ/MHQ yang digelar Koarmabar TNI AL bertujuan untuk memahami, menghayati,dan mengamalkan kandungan Alquran, serta mempererat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan seni serta budaya membaca Alquran.

“Tujuan lain yang paling penting adalah sebagai perekat antar TNI, khususnya Koarmabar, dengan mahasiswa dan masyarakat sebagai generasi emas penerus bangsa,” ujarnya.

MTQ/MHQ digelar di gedung FDIK UIN Jakarta diikuti sedikitnya 70 peserta dari 13 perguruan tinggi se-Jabodetabek. Peserta MTQ terdiri atas 19 putra dan 11 putri, sedangkan MHQ diikuti 20 putra dan 20 putri.

Sementara itu, Rektor UIN Jakarta Dede Rosyada, dalam situs resmi perguruan tinggi yang dipimpinnya, mengatakan menyambut positif diselenggaraknnya MTQ/MHQ yang menetapkan beberapa ayat Alquran yang bersifat tematik.

Adapun ayat Alquran bersifat tematik yang aktual di masyarakat antara lain tentang toleransi, persatuan, perdamaian, dan kebhinekaan. Hal tersebut sesuai harapan UIN Jakarta bahwa mahasiswa harus memiliki pemikiran Islam yang modern, inklusif, dan toleran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jabodetabek, alquran, UIN Jakarta

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top