Baznas Salurkan Zakat ke Suku Baduy

Baznas menyalurkan 1.000 paket sembako berisi beras, minyak goring, mie instan, ikan asin, terasi, dan aneka bumbu dapur kepada warga Suku Baduy di Lebak, Banten.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 16 Juni 2017  |  23:08 WIB
Tim relawan Baznas bersama anak-anak Suku Baduy, di Lebak Banten, Jumat (16/6/2017). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan 1.000 paket sembako berisi beras, minyak goring, mie instan, ikan asin, terasi, dan aneka bumbu dapur kepada warga Suku Baduy di Lebak, Banten.

Direktur Koordinasi Pendistribusian, Pendayagunaan, Renbang dan Diklat Baznas, Mohd. Nasir Tajang, mengatakan seluruh paket sembako didistribusikan secara langsung kepada suku Baduy Luar dan Baduy Dalam.

“Paket sembako untuk Suku Baduy Luar disalurkan di masjid dan madrasah di Kampung Baduy Kompol, Desa Leuwidamar, sedangkan untuk Baduy Dalam disalurkan kepada warga Suku Baduy di Kampung Cikeusik dan Kampung Cibeo, Desa Kanekes, Lebak Banten,” katanya pada Jumat (16/6/2917)..

Proses penyaluran paket sembako kepada Suku Baduy itu melibatkan Baznas Pusat bekerja sama dengan Baznas Provinsi Banten dan tokoh Kampung Baduy Kompol, Mohammad Kasja yang juga merupakan dai mualaf dan kader Muhammadiyah.

Dia menjelaskan paket sembako untuk warga Baduy diangkut menggunakan dua truk yang bisa menempuh perjalanan dengan kondisi jalang yang rusak menyebabkan kendaraan yang ditumpangi amilin dan amilat Bazmas terjebak dalam kubangan lumpur.

Meski demikian, lanjutnya, para amilin dan amilat Bagian Dakwah dan Advokasi Baznas yang dikomandoi Kabagnya Farid Septian, terlihat penuh semangat menempuh rintangan jalan berkubang lumpur yang terguyur hujan lebat.

Nasir juga menjelaskan kali ini Baznas menebar paket bantuan sembako kepada sejumlah suku terasing di enam provinsi yaitu Suku Anak Dalam di Jambi, Baduy di Banten, Bajo di Sulawesi Tengah, Dayak di Kalimantan Utara, dan Kokoda di Papua Barat.

Selain membagikan sembako, lanjutnya, Baznas menggelar pengobatan massal gratis kepada warga suku Baduy Luar di Kampung Baduy Kompol, Leuwidamar Lebak Banten. Program Ramadhan di Pedalaman Suku Terasing, Baduy Lebak Banten ini digelar selama dua hari, Kamis dan Jumat, 15-16 Juni 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
baznas, BADUY

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top