Tetap Fit Saat Puasa, Susu Bikin Kenyang Lebih Lama

Greenfields mengajak masyarakat untuk tetap fit selama Ramadan dengan tetap berolahraga serta mengonsumsi susu segar saat sahur dan saat berbuka puasa.
Greenfields mengajak masyarakat tetap fit selama Ramadan dengan mengonsumsi susu segar - Istimewa

 

Bisnis.com, JAKARTA - Greenfields mengajak masyarakat untuk tetap fit selama Ramadan dengan tetap berolahraga serta mengonsumsi susu segar saat sahur dan saat berbuka puasa.

Dikutip dari keterangan resmi, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Rachmad Wishnu Hidayat menyampaikan, selama menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit.

"Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein," tuturnya dalam sebuah diskusi.

Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh, serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa. Saat berbuka puasa, susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh.

"Jika diminum di malam hari akan membantu tidur lebih cepat berkat kandungan asam amino tryptophan, suatu prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan sehingga membantu proses tidur lebih cepat," imbuhnya.

Selain menjaga asupan nutrisi, olahraga yang tepat juga dapat membantu membuat tubuh lebih fit. Kondisi badan yang lemah karena tidak makan dan minum selama berpuasa adalah salah satu alasan orang enggan untuk berolahraga.

Rachmad menambahkan olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama berpuasa.

"Karena itu, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, kita sebaiknya tetap berolahraga karena dapat membantu membuat tubuh menjadi tetap fit," sarannya.

Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah pada sore hari yang dapat menjadi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat.

Berolahraga ringan seperti stretching, senam aerobik atau kalistenik ringan, jalan santai atau jogging ringan dapat dilakukan selama 30-60 menit menjelang berbuka puasa dengan intensitas olahraga tidak berat, menghindari terjadinya dehidrasi.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Puasa

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup