Mudik Lebaran 2017 : Penumpang Terminal Kampung Rambutan Masih yang Terbanyak

Jumlah penumpang keberangkatan di Terminal Kampung Rambutan dari H-10 sampai dengan H-6 lebaran Idulfitri masih menjadi yang terbanyak di antara terminal–terminal utama lainnya di Jabodetabek.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 20 Juni 2017  |  14:27 WIB
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Jumlah penumpang keberangkatan di Terminal Kampung Rambutan dari H-10 sampai dengan H-6 lebaran Idulfitri masih menjadi yang terbanyak di antara terminal – terminal utama lainnya di Jabodetabek.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2017 Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), jumlah penumpang keberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Kampung Rambutan sampai H-6 lebaran Idulfitri mencapai 34.703 orang.

Jumlah penumpang di terminal Kampung Rambutan selama lima hari sejak H-10 tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah penumpang keberangkatan di Terminal Pulogebang yang hanya 24.842 orang.

Akademisi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan, jumlah penumpang keberangkatan di terminal Kampung Rambutan lebih banyak dibandingkan dengan terminal lainnya di Jabodetabek – termasuk terminal Pulogebang – karena lokasinya.

Menurutnya, lokasi terminal Kampung Rambutan yang berada tidak jauh dari pusat kegiatan masyarakat menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan bus antarkota antarprovinsi dari terminal Kampung Rambutan.

“Karena lokasinya. Pulogebang jauh di pinggir kota,” kata Djoko, Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Untuk sekedar diketahui, berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2017 BPTJ, hingga H-6 lebaran Idulfitri jumlah penumpang keberangkatan di terminal Pondok Cabe sebesar 2.220, Baranangsiang 12.364, Kalideres 17.762, Poris Plawad 3.522, Bekasi 12.928, dan 2.256 orang di terminal Depok.

Sementara itu, jumlah bus keberangkatan di terminal – terminal utama di Jabodetabek dari H-10 sampai dengan H-6 lebaran Idulfitri mencapai 8.554 kendaraan.

Jumlah bus keberangkatan di terminal Kampung Rambutan juga merupakan yang terbanyak dibandingkan dengan terminal lainnya. Total bus keberangkatan di terminal Kampung Rambutan hingga H-6 mencapai 2.146 kendaraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top