Mudik Lebaran 2017 : Pemudik Diimbau Manfaatkan Tiket Online & Buffer Zone Merak

Para pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Merak yang diperkirakan bakal mengalami peningkatan kepadatan mulai Selasa (20/6) malam ini, diimbau untuk memanfaatkan layanan tiket online dan buffer zone.
Pelabuhan Merak

Bisnis.com, JAKARTA - Para pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Merak yang diperkirakan bakal mengalami peningkatan kepadatan mulai Selasa (20/6) malam ini, diimbau untuk memanfaatkan layanan tiket online dan buffer zone.

Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat mengatakan pengguna jasa penyeberangan dapat memanfaatkan layanan penjualan tiket online dengan mengakses http://tiket.indonesiaferry.co.id serta penjualan tiket di luar areal pelabuhan (buffer zone) untuk layanan go-show, baik di jalur tol maupun non-tol.

"Pemudik yang membeli tiket melalui daring / online dapat menikmati jalur khusus di pelabuhan saat akan menuju kapal, sehingga mengurangi antrian di pelabuhan," tutur Christine, Selasa (20/6/2017).

Sementara, untuk akses menuju Pelabuhan Merak, lokasi buffer zone terbagi di 5 titik yakni, lapangan Villa Permata Hijau, rest area KM 43 dan KM 68 Tol Tangerang-Merak, Polsub Sektor Grogol-Merak, dan Hotel Mangku Putra-Merak.

Untuk akses menuju Pelabuhan Bakauheni, lokasi buffer zone tersebar di 3 titik, yaitu Terminal Rajabasa, Masjid Agung Kalianda, dan Rumah Makan Begadang 4.

"Layanan penjualan tiket melalui daring yang dibuka sejak 1 Juni 2017 mendapat respon yang positif dari pengguna jasa. Tiap hari bertambah transaksinya," ujarnya.

Sementara pantauan ASDP, kondisi toll gate Kajima di Pelabuhan Merak, Banten pada Selasa (20/6) pukul 02.00 dini hari juga terpantau masih relatif lengang.

Toll gate Kajima ini merupakan fasilitas jalur khusus bagi pembeli tiket online maupun buffer zone khusus golongan kendaraan kecil penumpang.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry menyatakan memasuki H-5 Lebaran, pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan diprediksi akan mulai ramai berdatangan di Pelabuhan Merak pada Selasa (20/6) malam ini.

Berdasarkan rekap data Posko Merak yang dihitung sejak Senin (19/6) pukul 08.00 wib hingga Selasa (20/6) pukul 08.00 wib, sebanyak 57.384 orang penumpang telah menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Tommy L Kaunang mengatakan meski kepadatan penumpang pada H-5 itu tidak setinggi realisasi pada periode sama tahun lalu, diperkirakan arus penumpang akan mulai meningkat malam ini.

"Sejak H-7 atau Minggu (18/6) hingga Selasa (20/6) dini hari arus penumpang belum signifikan khususnya pejalan kaki. Relatif masih sepi. Diperkirakan mulai nanti malam dan besok akan mulai ramai sebelum puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada Kamis (22/6) dan Jumat (23/6)," ujar Tommy, Selasa (20/6).

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup