XL Axiata Perkuat Jaringan Telekomunikasi di Jalur Mudik

XL Axiata telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan-jalan tol baru di jalur mudik Lebaran 2017. Ini menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 20 Juni 2017  |  19:23 WIB
Petugas teknisi XL memeriksa perangkat jaringan BTS 4G di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/6). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, BREBES - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah mempersiapkan infrastruktur yang mampu melayani pelanggan yang melintas di jalan-jalan tol baru di jalur mudik Lebaran 2017.

Ini menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang membuka sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional.

I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL, mengatakan dengan mempertimbangkan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut.

"Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data," ujar Gede melalui keterangan tertulisnya kepada Bisnis.com, Selasa (20/6/2017).

Dia menambahkan pihaknya menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat seperti MBTS, selain juga memperkuat jangkauan (coverage) dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru.

"Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini," katanya.

Gede menambahkan, tim teknis XL Axiata sudah menempatkan sebagian dari MBTS tersebut di tol baru dan melakukan uji jaringan juga di jalan-jalan tol baru tersebut, termasuk yang ada di Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

"Dari uji jaringan tersebut bisa didapatkan titik-titik akurat mana yang masih memerlukan peningkatan kualitas jaringan., antara lain di area exit tol dan rest area yang biasanya terjadi kemacetan. Misalnya, ada di exit tol Brebes, Pejagan, Weleri, Salatiga, Bawen, dan Sragen," jelasnya.

Selain itu, XL Axiata juga menindaklanjuti laporan dari pelanggan dan masyarakat, termasuk juga hasil pantauan media, mengenai lokasi-lokasi yang dipandang memerlukan penguatan sinyal.

Dari pantauan Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa—Bali (LL-JJB) 2017, jaringan XL Axiata yang mendukung layanan 4G dapat digunakan dari jalur utara Jawa melalui tol Jakarta, Cikarang, Cikampek, Cipali, Palikanci, Cirebon, Pejagan, Brebes, Pemalang.

Dari uji coba koneksi internet yang dilakukan di area Cipali melalui aplikasi Speed Test, kecepatan download mencapai 10,1 Mbps, upload 8,49 Mbps, dan Ping 247 ms dengan menggunakan server XL Axiata di Jakarta.

Tim peliput Jelajah Jawa-Bali di jalur utara: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top