Ketahui Sejumlah Rintangan di Jalur Tol Fungsional Brebes-Gringsing

Ruas tol fungsional yakni dari Brebes Timur hingga Pemalang rupanya diminati para pemudik untuk melintas.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 20 Juni 2017  |  19:42 WIB
Pemudik beristirahat di Jalur tol fungsional, Selasa (20 - 6) sore.

Bisnis.com, PEMALANG - Ruas tol fungsional yakni dari Brebes Timur hingga Pemalang rupanya diminati para pemudik untuk melintas.

Jalan yang hanya difungsikan dua jalur untuk satu arah ini hanya berupa perkerasan jalan timbunan + lean concrete yakni beton tebal 10 centimeter dengan kiri dan kanan masih bertanah.

Berdasarkan pantauan Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa Bali (LLJJB) 2017, sejumlah rambu-rambu petunjuk jalan, marka reflektor di setiap 25 meter dan lampu penerangan jalan.

Namun di beberapa titik, tidak terdapat marka reflektor dan lampu penerangan jalan. Selain itu, jalan berdebu dengan jarak pandang hanya 20 kilometer terjadi di ruas Pemalang menuju Batang.

Jalan yang sempit dan penerangan yang sangat tidak memadai membuat para pemudik harus berhati-hati melintasi tol fungsional saat malam hari.

Masih banyak pemudik yang memacu kendaraannya lebih dari 40 kilometer per jam dan saling menyalip sehingga membahayakan pemudik lainnya.

Pasalnya, jalan di ruas tol fungsional ini tak mulus alias bergelombang. Padahal rambu batas kecepatan maksimal banyak terpasang di ruas tol fungsional ini.

Tim LLJJB melintasi jalan tol Fungsional dari Brebes Timur hingga Pemalang membutuhkan 1 jam 20 menit dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Tim juga mencoba melintasi kecepatan hingga 60 kilometer, namun goncangan terasa sangat kencang dan debu menghalangi jarak pandang.

Para pemudik diimbau untuk menjaga jarak dan mentaati rambu-rambu serta petugas yang ada.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top