Jelang Idulfitri, XL Perluas Jaringan 4G LTE & Tambah Kapasitas Jaringan

XL Axiata secara agresif memperluas jaringan 4G LTE di berbagai daerah jelang Lebaran 2017.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 20 Juni 2017  |  22:26 WIB
XL Axiata - xl.co.id

Bisnis.com, SEMARANG - XL Axiata secara agresif memperluas jaringan 4G LTE di berbagai daerah jelang Lebaran 2017. Selama Juni 2017, XL Axiata telah meresmikan layanan 4G LTE di puluhan kota, baik di Jawa maupun Luar Jawa.

I Gede Darmayusa, VP Service Operation Management XL, mengatakan pihaknya gencar memperluas jaringan 4G LTE hingga menjelang Lebaran karena ingin memberikan pengalaman yang baru bagi para pelanggan XL dan masyarakat berlebaran dengan akses internet dan data dengan kualitas yang baik.

"Bagi pelanggan yang mudik terutama ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sudah hampir di semua kota atau kabupaten tercover layanan XL 4G LTE. Akses ke berbagai layanan data bisa lebih nyaman, termasuk upload foto-foto atau video selama liburan," ujar Gede, melalui keterangan tertulisnya kepada Bisnis, Selasa (20/6/2017).

Adapun bagi pelanggan yang tidak sempat atau berhalangan mudik, dapat memanfaatkan ketersediaan layanan XL 4G LTE untuk tetap bisa bersilaturahmi tatap muka jarak jauh dengan keluarganya melalui layanan video call 4G LTE.

Pada pekan terakhir Juni 2017 ini XL Axiata juga masih akan meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE di beberapa kota/kabupaten di Provinsi Jambi.

Melalui perluasan menjelang Lebaran ini, maka kini layanan XL 4G LTE sudah masuk di hampir seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat, serta 100% di seluruh kota/kabupaten Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sebelumnya, sejak Maret hingga Mei 2017 lalu, secara berturut-turut XL Axiata meresmikan beroperasinya 4G LTE di Sumatra Barat, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, serta pekan lalu di Sulawesi Tenggara.

Hingga saat ini layanan XL 4G LTE XL telah dinikmati oleh lebih dari 15 juta pelanggan di 250 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia, dengan dukungan lebih dari 13.000 BTS 4G.

Peningkatan kapasitas jaringan

XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik dibanding hari-hari biasa, dalam menjamin kualitas jaringan dan layanan.

Melalui penambahan kapasitas tersebut, operator telekomunikasi dengan brand XL dan AXIS ini optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan.

Secara khusus, XL Axiata juga memanfaatkan teknologi MME dan MSS in Pool di jaringan core yang akan memudahkan pengalihan kapasitas dari area yang kelebihan kapasitas ke area yang memerlukan tambahan kapasitas.

XL Axiata juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik atau pulang kampung atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia.

Lokasi-lokasi tersebut antara lain destinasi wisata populer, pusat keramaian seperti pusat perbelanjaan, fasilitas transportasi seperti bandar udara, terminal bus, stasiun kereta, juga pelabuhan laut.

Tim XL Axiata juga akan siaga di jalur utama pulang kampung di berbagai daerah, terutama di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa dan jalur Selatan yang rawan dengan kemacetan.

XL Axiata memandang tantangan yang dihadapi oleh operator telekomunikasi selain kemungkinan terjadi lonjakan trafik, juga terkait perpindahan pelanggan secara masif dari kota-kota besar seperti Jakarta ke kota-kota lain.

"Lonjakan trafik yang akan terjadi menyebar di berbagai daerah, sesuai dengan arah perpindahan pelanggan selama liburan Lebaran," katanya.

Tim peliput: Agne Yasa Damanik, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
xl axiata, Mudik Lebaran, Tim Jelajah

Sumber : Tim Jelajah

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top