Ini Tips Mudik dari Bu Menteri Yohana Yembise

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik Lebaran, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise pun memberi tipsnya.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Idulfitri, sebagian besar masyarakat telah pulang ke kampung halaman atau mudik.

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, khususnya bagi kaum perempuan dan anak, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise memberi sejumah tips bagi calon pemudik.

Pertama, soal kendaraan. Yohana menyarankan agar menggunakan kendaraan yang aman dan nyaman bagi anak dan perempuan.

Bagi para orang tua yang masih memiliki anak bayi atau balita sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor.

Jika mengantuk atau lelah, sebaiknya beristirahat paling tidak 4 jam sekali. Dia juga mengimbau agar para orang tua meningkatkan kewaspadaan terhadap anak agar terhindar dari modus kejahatan dan penculikan.

“Bagi para orang tua, ingat, modus kejahatan dan penculikan di tempat umum semakin banyak. Usahakan agar kita selalu menggandeng anak-anak agar tidak terlepas dari pengawasan,” ujarnya pada Selasa (20/6/2017).

Yohana menambahkan orang tua sebaiknya mengajari anak-anak agar berhati-hati dengan tawaran makanan, minuman, atau mainan dari orang yang tidak dikenal. Selain itu, anak bisa dipakaikan tanda pengenal agar mudah dicari ketika terlepas dari pengwasan.

Pastikan ada nomor kontak orang tua di saku pakaian anak-anak. Bagi mereka yang sedang menyusui atau menstruasi, sebaiknya membawa kebutuhan khusus yang diperlukan.

Menteri Yohana juga mengingatkan agar masyarakat membawa persiapan makanan, serta pakaian khusus anak-anak dan bayi untuk menjaga kenyamanan selama di perjalanan.

Dia juga mengimbau agar masyarakat membawa uang secukupnya sesuai kebutuhan dan jangan membawa atau menggunakan perhiasan secara berlebihan, apalagi bagi anak-anak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top