Begini Layanan Data Internet di Tol Fungsional Brebes Timur - Gringsing

Ruas tol fungsional Brebes Timur-Pemalang diminati para pemudik. Namun, para pemudik sebaiknya mempersiapkan saluran komunikasi yang dapat menunjang.nn
Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Selasa (20/6/2017). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, SEMARANG - Ruas tol fungsional yakni dari Brebes Timur hingga Pemalang diminati para pemudik untuk melintas di jalur mudik utara. Namun, para pemudik sebaiknya mempersiapkan saluran komunikasi yang dapat menunjang.

Hal ini karena jalur tol fungsional ini melewati daerah perbukitan dan hutan di mana layanan beberapa operator telekomunikasi khususnya untuk layanan data Internet, sempat sulit digunakan.

Berdasarkan pantauan Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 yang melalui jalur ini mulai pukul 17.30 hingga 21.30 WIB, terdapat beberapa titik di mana layanan 4G untuk Internet menurun.

Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Muhammad Imam Nashiruddin memperkirakan Semarang menjadi salah satu titik utama kedatangan mudik nasional karena cukup banyak warga Semarang yang tinggal di Jakarta atau di kota lain.

“Semarang juga menjadi kota transit mudik dengan tujuan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan sekitarnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis pada Selasa (20/6/2017).

BRTI melakukan pengujian jaringan telekomunikasi seluler terhadap empat hal yaitu uji kualitas layanan telepon, uji kualitas layanan pesan singkat, uji kualitas layanan mobile Internet, dan uji kualitas cakupan mobilitas.

Pengujian kesiapan dilakukan terhadap seluruh jaringan operator telekomunikasi seluler menggunakan metode static test pada titik-titik yang diperkirakan menjadi kedatangan mudik. Lokasinya antara lain Bandara Ahmad Yani, Stasiun Kereta Api Semarang, Terminal Bus Semarang, serta Pelabuhan Tanjung Emas.

Selain itu juga dilakukan dengan metode drive test seluruh jaringan operator untuk mengetahui kualitas layanan dan kualitas sinyal seluler di jalan-jalan utama di Kota Semarang.

Dari hasil uji petik terhadap kualitas jaringan semua operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di Semarang, secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik karena semua pencapaian berada di atas target untuk mampu melayani masyarakat.

“Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa jaringan telekomunikasi seluler di Semarang dan sekitarnya siap melayani arus mudik, Lebaran dan arus balik,” tegasnya.

Namun demikian, BRTI meminta seluruh operator seluler untuk terus meningkatkan kualitas layanan terutama mobile Internet di semua tempat keramaian (place of interest) dan cakupan mobilitas, termasuk jalur tol fungsional untuk mudik dan arus balik, karena akan dibutuhkan masyarakat.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telekomunikasi, arus mudik

Sumber : Tim Jelajah

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup