Ini Saran Kepala BPJT Terkait Tol Fungsional di Jalur Mudik

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengimbau agar para pemudik yang melintasi jalan tol fungsional mengendalikan kecepatan kendaraan.
Kendaraan pemudik melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Selasa (20/6). Tidak adanya lampu penerang jalan di tol fungsional tersebut membuat kondisinya gelap gulita pada malam hari. - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BREBES - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengimbau agar para pemudik yang melintasi jalan tol fungsional mengendalikan kecepatan kendaraan.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan ruas tol Brebes Timur hingga Gringsing merupakan jalan tol fungsional sepanjang 110 kilometer.

"Kami imbau agar pemudik tidak memacu kendaraan dengan kecepatan tinggu. Maksimal 40 kilometer per jam dan patuhi petugas serta rambu-rambu yang ada," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (20/6/2017).

Saat ini kondisi jalur fungsional Lebaran ini dapat dilintasi kendaraan dua lajur dan hanya satu arah untuk arus mudik maupun arus balik

Jalan di ruas tol fungsional ini merupakan perkerasan jalan timbunan ditambah lean concrete yakni beton tebal 10 centimeter. Sementara untuk struktur jembatan dan box selesai atau jembatan sementara untuk dua lajur.

"Exit sementara pada rencana simpang susun pertemuan jalan nasional/provinsi/kabupaten" katanya.

Pihaknya mengklaim untuk rambu, marka sementara dan perlengkapan keselamatan jalan telah tersedia di ruas fungional. Penerangan (PJU) di beberapa lokasi antara lain rest area, exit sementara, dan gerbang tol.

"Lahan kosong untuk istirahat (rest area sementara) di beberapa lokasi sesuai dengan kebutuhan," kata Herry.

Selain itu juga dipasang patok dengan reflektor pada sisi kiri dan kanan jalur fungsional dengan jarak antara kurang lebih 25 meter. Jalur fungsional ini, tegasnya, hanya untuk kendaraan roda empat pribadi, tidak untuk kendaraan truk, bis, maupun roda dua.

"Jalur Fungsional direkomendasikan untuk digunakan pada pagi hingga sore hari pukul 06.00 s/d 18.00," kata Herry.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran, Tim Jelajah

Sumber : Tim Jelajah

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup