MUDIK LEBARAN 2017 : Ini Titik Rawan Longsor di Jawa Tengah

Wilayah provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki sebaran lokasi gerakan tanah atau longsor yang cukup banyak dan saat manakala hujan masih turun bulan Juni ini saat arus mudik 2017 berlangsung perlu kewaspadaan.
Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Selasa (20/6). Memasuki H-5 Idulfitri, sejumlah pemudik mulai memadati jalan tol fungsional Brebes-Batang yang baru dioperasionalkan pada Senin (19/6) lalu. ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BANDUNG -- Wilayah provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki sebaran lokasi gerakan tanah atau longsor yang cukup banyak dan saat manakala hujan masih turun bulan Juni ini saat arus mudik 2017 berlangsung perlu kewaspadaan.

Badan Geologi di Bandung membuat peta gerakan tanah atau tanah longsor yang perlu diwaspadai sebagai berikut.

Di jalur selatan Majenang-Banjar-Wangon, potensi kerawanan di daerah Cikukun dan Lumbir. Kemudian daerah Gading, Sampuran, dan Bagelen, serta Wates pada jalur Purworejo-Wonosobo-Yogyakarta.

Di jalur tengah antara Purwokerto-Tegal, daerah rawan berada di Pakuncen, Bumiayu, dan Winduaji. Daerah Belik dan Karangreja pada jalur Purbalingga-Pemalang, dan Leksono di jalur Banjarnegara-Wonosobo. Kemudian Ngablak di jalur Magelang-Salatiga, serta daerah Randublatung dan Doplang di jalur Cepu-Wonosari.

Pada jalur utara Jawa Tengah, daerah rawan gerakan tanah atau longsor meliputi daerah Alasroban di jalur Batang-Kendal, Sukorejo dan Km 23 serta 26 dari Kendal di jalur Weleri-Parakan. Kemudian di daerah Gombel, Jatingaleh, dan Ungaran di jalur Semarang-Ambarawa.

Sementara di wilayah Provinsi Jawa Timur, sebaran daerah rawannya mulai dari Km 17 dan 21 dari Trenggalek hingga perbatasan dengan Ponorogo, antara Km 18-19 dam Km 32 dari Kepanjen di jalur Blitar- Malang. Selanjutnya di jalur Kepanjen-Lumajang, Probolinggo-Sukapura, dan Sempolan serta Merawah di jalur Jember-Banyuwangi.

Selain itu juga di jalur mudik 2017 untuk Pare-Pacet-Pujon, Pasuruan-Tosari di daerah Ngadisari, jalur Situbondo-Besuki-Bondowoso, dan daerah Ketapang-Betekan di jalur Banyuwangi-Situbondo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : Tempo

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top