JELAJAH JAWA-BALI : Rest Area dan Parking Bay di Jalur Jakarta-Brebes Utara Siap Disinggahi Pemudik Lebaran

Para pemudik disarankan untuk memanfaatkan tempat beristirahat yang tersedia guna memulihkan stamina sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.
Ilustrasi: Rambu petunjuk rest area sementara KM 299 tol Brebes Timur-Pemalang di Desa Penarukan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. - Antara/Oky Lukmansyah

Bisnis.com, SEMARANG—Istirahat dari kepenatan perjalanan mudik lebaran bisa menyerang siapa saja.

Para pemudik disarankan untuk memanfaatkan tempat beristirahat yang tersedia guna memulihkan stamina sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah tujuan.

Selama Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa Bali (LL-JJB) 2017 melintasi ruas tol Jakarta – Brebes Timur sepanjang 384 kilometer, lebih dari 5 Rest Area dan 2 parking bay, siap menampung para pemudik.

Pemudik disarankan untuk memilih Rest Area tipe A, guna mendapatkan sarana penunjang yang lengkap. Apalagi saat periode H-7 sampai dengan H+7 Idulfitri, Rest Area dilengkapi pos keamanan serta pos kesehatan.

Suasan Rest Area tol fungsional Brebes Timur - Gringsing.

Seperti di Rest Area KM 19 Bekasi, pemudik dapat menikmati fasilitas kesehatan dengan dukungan Dokter Umum.

Salah satu dokter yang bertugas di fasilitas kesehatna Rest Area KM 19 Jakarta – Cikampek, Daniel Matondang, mengatakan akan memberikan pelayanan kesehatan umum.

“Kami akan melihat tekanan darah, detak jantung. Apabila memerlukan vitamin kami juga menyiapkan. Terlebih lagi ada ambulans yang siap sedia,” tuturnya.

Selain itu, untuk menunjang performa kendaraan, ada pula Posko Siaga 24 Jam Toyota yang terletak di Rest Area KM 57 Cikampek.

Posko Siaga 24 Jam Toyota memprediksi setidaknya ada 850 kendaraan melakukan perawatan di Posko Siaga KM 57 Jakarta - Cikampek.

Perkiraan ini berdasarkan jumlah kendaraan yang melalukan servis pada 2016 yang mencapai 650.

Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 di Posko Siaga 24 Jam KM 57, mengatakan lokasi ini sangat strategis karena menjadi pertemuan jalur mudik dari jalur Jawa-Bali serta Sumatra-Jawa.

"Sejak H-7 [Minggu, 18 Juni], sudah ada 50 kendaraan, tetapi pengunjung Posko lebih dari itu. Kami berusaha menghadirkan posko seperti rumah sendiri," tuturnya.

Suasana Rest Area KM 22 Semarang - Bawen

Bagi pemudik yang ingin melanjutkan perjalanan melewati tol fungsional Brebes Timur – Gringsing, tak perlu khawatir, beberapa tempat peristirahatan sederhana disiapkan.

Salah satunya di Desa Candi Arang, Kabupaten Batang, tumbuh sentra ekonomi berupa tempat- tempat penduduk lokal menjajakan makanan.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : TIM JELAJAH

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup