Mudik Lebaran 2017 : Puncaknya Kamis & Jumat, Pemudik ke Merak Diimbau Berangkat Siang

-Kamis dan Jumat diprediksi akan menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten.
Ribuan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatra terjebak antrean panjang di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7). - Antara/Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA--Kamis dan Jumat diprediksi akan menjadi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten.

Direktur Utama ASDP Faik Fahmi menghimbau kepada pemudik agar melakukan perjalanan di siang hari untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan dan penumpang di malam hari.

"Sudah pasti terjadi kemacetan karena volume kendaraan yang membludak," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (21/6/2017).

Sementara itu Direktur Pelayanan dan Fasilitas ASDP Christine Hutabarat mengatakan, manajemen ASDP telah melakukan berbagai antisipasi dan peningkatan kualitas layanan selama angkutan lebaran tahun ini.

Selain penyediaan layanan penjualan tiket online untuk lintasan Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, mereka juga menambah titik-titik area penjualan di luar pelabuhan (buffer zone) bagi pengguna jasa untuk mendapatkan tiket go-show.

"Tidak perlu antri beli di pelabuhan dan dapat menikmati fasilitas istirahat di lokasi buffer zone tersebut," jelasnya.

Diperkirakan jumlah penumpang yang menyeberang selama musim mudik tahun ini mencapai 4,95 juta orang yang tersebar di tujuh lintasan utama yang dipantau secara nasional.

Tujuh lintasan utama tersebut adalah Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan Pototano, Panajam-Kariangau, Bajoe-Kolaka, dan Tanjung Kelian-Tanjung Api-api.

Di seluruh lintasan tersebut akan dioperasikan total 191 unit kapal roro dan 42 unit dermaga.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup