Mudik Lebaran 2017 : Ini Alasan Dibalik Delay Pesawat

Padatnya trafik udara saat libur Lebaran ini diantisipasi dengan memberlakukan pengawasan keamanan dan keselamatan sarana dan prasarana penerbangan yang ketat.
Pesawat udara lepas landas - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, YOGYAKARTA--Padatnya trafik udara saat libur Lebaran ini diantisipasi dengan memberlakukan pengawasan keamanan dan keselamatan sarana dan prasarana penerbangan yang ketat.

Sisi pengawasan yang telah dijalankan dengan baik harus diperkuat dengan standar pelayanan penumpang pesawat udara.

Salah satunya adalah penekanan delay management. Semua otoritas baik operator bandara hingga maskapai memiliki tanggung jawab yang besar atas masalah ini.

Namun, pesawat delay tidak hanya dikarenakan masalah teknis baik di udara atau di darat.

General Manager Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia Cabang Madya Yogyakarta Nono Sunariyadi mengatakan pesawat delay yang terjadi di satu bandara dapat menyebabkan layanan penerbangan bandara lain terganggu.

"Akibat di sana telat, di sini juga bisa telat. Efeknya berantai," ujarnya saat ditemui Bisnis di kawasan Bandara Adisucipto, Yogyakarta, Rabu (21/6).

Kemudian, pesawat delay bisa disebabkan oleh kepadatan penerbangan, contohnya saat menunggu antrian lepas landas atau landing.

Umumnya, delay seperti ini terjadi di waktu libur. Selain itu, ada faktor parkir pesawat yang tidak mencukupi karena banyaknya pesawat yang beroperasi saat Lebaran.

Khusus di Bandara Adisucipto, delay seringkali terjadi karena bandara ini merupakan bandara militer yang juga dipakai sebagai bandara komersial (enclave civil).

"Saat siang, ada training [penggunaan runway] gantian," ujarnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran, delay

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup