Mudik Lebaran 2017 : Ini Sejumlah Jalur Pilihan Pemudik

Mudik sudah menjadi ritual tahunan yang dilakukan masyarakat saat merayakan hari raya.
Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali-Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (18/6). Memasuki H-7 Lebaran, arus mudik di tol Cipali terpantau mulai meningkat. ANTARA FOTO - Dedhez Anggara

Bisnis.com, SOLO - Mudik sudah menjadi ritual tahunan yang dilakukan masyarakat saat merayakan hari raya.

Berbondong-bondong para pemudik menuju ke kampung halaman masing-masing di waktu yang bersamaan tentunya perlu rekayasa lalu lintas agar tak menumpuk pada satu jalur saja.

Untuk Anda yang berada di Pulau Jawa, terdapat beberapa alternatif jalan untuk menuju Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut total panjang jalur lebaran di Pulau Jawa mencapai 3.508 kilometer yang terbagi menjadi jalan lintas utara 1.182 kilometer, jalan lintas tengah 1.056 kilometer, dan jalan lintas selatan sepanjang 1.270 kilometer.

Para pemudik juga dapat melintasi jalan tol yang sepanjang 668 kilometer dan jalur alternatif dengan panjang 2.230 kilometer.

Dari Jakarta para pemudik memiliki pilihan dua jalur yakni melalui jalan di utara Jawa atau menyusuri Pantai Selatan Jawa.

Pemudik yang memilih jalur Pantai Utara Jawa (Pantura) melalui Tol Jakarta-Cikampek lalu terdapat dua pilihan melintasi jalan tol atau jalan nasional.

Apabila memilih jalan nasional, pemudik keluar dari pintu tol Cikampek-Pamanukan-Losarang-Cirebon-Brebes-Tegal-Pemalang-Pamanukan-Kendal-Semarang.

Namun apabila pemudik ingin melalui jalan tol yakni Tol Jakarta-Cikampek-Cikopo-Palimanan-Palikanci-Pejagan-Brebes Timur.

Lalu dilanjutkan jalan tol fungsional dari Brebes Timur-Pekalongan-Batang-Gringsing. Dari Gringsing lalu dilanjutkan jalan nasional Kendal-Semarang.

Tentu jalan tol yang telah beroperasi maupun yang fungsional terhubungan dengan jalan nasional, provinsi maupun daerah sebagai pintu keluar.

Dari Semarang apabila menuju ke Surabaya dapat kembali menyusuri utara Jawa yakni Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang-Tuban-Lamongan-Gresik-Surabaya.

Selain itu bisa juga melalui Purwodadi-Blora-Tjepu-Bojonegoro-Lamongan-Gresik-Surabaya.

Dari Semarang, pemudik juga bisa menggunakan jalan tol menuju Unggaran untuk menuju ke Surabaya dengan melalui Salatiga-Boyolali-Solo-Sragen-Ngawi-Madiun-Nganjuk-Diwek-Mojokerto-Surabaya.

Di ruas ini pula terdapat beberapa ruas jalan tol fungsional yang digabungkan dengan jalan nasional.

Bagi para pemudik yang ingin melalui Pantai Selatan dapat melalui jalur tol Jakarta-Cileunyi lalu disambung dengan jalan nasional Nagrek-Tasikmalaya-Banjar-Purwokerto-Kebumen-Purworejo-Wates-Wonosari-Pracimantoro-Pacitan-Ponorogo-Trenggalek-Tulungagung-Kediri-Mojokerto-Surabaya.

Namun apabila Anda ingin melewati jalur utara terlebih dahulu lalu menjajal lintas selatan dapat melalui jalan tol Jakarta-Brebes lalu masuk jalan nasional Tegal-Slawi-Balapulang-Ajibarang-Purwokerto-Kebasen-Kebumen atau Purwokerto-Banjarnegara-Wonosobo-Temanggung-Magelang-Yogyakarta-Wonosoari hingga Tulungagung.

Tentunya jalur selatan ini lebih panjang tetapi pemandangan di sepanjang jalur sangat memukau.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup