MUDIK LEBARAN 2017 : Ini yang Harus Disiapkan dan Diwaspadai di Tol Brebes-Batang

Tol fungsional Brebes-Batang terbukti cukup mujarab memangkas jarak tempuh dari Brebes menuju Semarang.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 22 Juni 2017  |  09:54 WIB
Foto udara kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Senin (19/6). Memasuki H-6 Idulfitri, sejumlah pemudik mulai dapat melintasi jalur tol fungsional Brebes-Batang yang baru diopersionalkan hari ini. ANTARA FOTO - Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, SOLO -- Tol fungsional Brebes-Batang terbukti cukup mujarab memangkas jarak tempuh dari Brebes menuju Semarang.

Pasalnya, dengan kecepatan rata-rata 40 Km per jam, Tim Bisnis Liputan Lebaran: Jelajah Jawa Bali hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam tiba di Gringsing, Kendal atau sekitar 1 jam sebelum Semarang.

Kendati ampuh dibandingkan harus melewati jalur Pantura dan berhadapan dengan kendaraan bus dan truk, ada sejumlah hal perlu disiapkan dan diwaspadai pemudik sebelum maupun ketika melalui jalur ini.

Berikut ini persiapan yang harus dilakukan didasarkan pengalaman Tim Bisnis Indonesia:

1. Bahan bakar kendaraan harus cukup karena jarak tempuh sepanjang 110 Km.

2. Siapkan masker. Meskipun di dalam mobil, partikel debu di sepanjang jalan ini masih bisa masuk ke dalam mobil.

3. Jangan memacu kendaraan melebihi batas yang ditentukan. Di sepanjang jalan ini, pengelola menyarankan hanya 40 Km per jam. Banyaknya pasir dan kerikil di sepanjang jalan ini membahayakan pengemudi

4. Selalu waspada. Kontur jalan tol fungsional ini sangat banyak tanjakan dengan sudut kemiringan curam. Jika tidak hati-hati dan lupa mengurangi kecepatan, kendaraan berpotensi nyungsep.

5. Usahakan jangan melalui jalan fungsional ini pada malam hari. Meskipun banyak ditemukan petugas berjaga di setiap titik dengan lampu penerangan, tetapi sering terhalang partikel debu yang berterbangan.

Tim Peliput : Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top