MUDIK LEBARAN 2017 : Soal Jajan di Jalur Mudik, Ini Pesan Menkes Nila Moeloek

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau para pemudik untuk tidak mengonsumsi makanan sembarangan guna mencegah agar tidak terjadi gangguan kesehatan dalam perjalanan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Juni 2017  |  11:35 WIB
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2017). - Antara/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA -Makanan menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan para pemudik  menjelang Hari Raya Lebaran 2017.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengimbau para pemudik untuk tidak mengonsumsi makanan sembarangan guna mencegah agar tidak terjadi gangguan kesehatan dalam perjalanan.

"Bawa makanan yang bisa mengisi selama perjalanan. Jangan makan makanan yang tidak baik, karena kalau sakit akan merepotkan," kata Nila saat melepas rombongan bus mudik bareng di kompleks Kementerian Kesehatan Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Apalagi, tambah Nila, bagi pemudik yang membawa anak-anak. Menkes berpesan agar mereka tidak sembarangan dalam memberikan makanan kepada anak.

Menkes juga berpesan agar selalu mengecek kondisi kesehatan di pos kesehatan apabila berhenti di area peristirahatan.

"Hati-hati, tidak menerima makanan dari orang sembarangan, atau menitipkan barang kepada orang yang tidak dikenal. Sekarang zaman berubah apa pun bisa terjadi," kata Nila.

Nila juga menekankan pada pengemudi agar bisa mengukur ketahanan tubuh dalam mengemudi.

"Pengemudi juga, kalau kelelahan jangan dipaksakan, istirahat, harus diganti. Pengemudi juga jangan makan obat sembarangan," kata Nila.

Menurut Nila, mengonsumsi obat yang memiliki efek samping seperti menimbulkan kantuk bisa membahayakan dalam mengemudi.

Nila meminta para pengemudi menaati peraturan dan arahan petugas Kepolisian yang mengatur lalu lintas di jalur mudik.

"Pemerintah sudah melakukan berbagai cara agar tidak terjadi kemacetan, taati peraturan arahan dari Kepolisian, jangan menyerobot dan sebagainya," kata Nila.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top