MUDIK LEBARAN 2017 : Ini Jalur Utama dan Alternatif Sekitar Solo

Bagi pemudik yang akan melewati sekitar Solo, terdapat beberapa jalur yang dapat dipilih, baik itu jalur utama maupun jalur alternatif.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 22 Juni 2017  |  15:44 WIB
Sejumlah kendaraan pemudik melintas di jalan utama Semarang-Solo, Ampel, Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (21/6). Pada H-4 Lebaran, kendaraan pemudik yang melintasi jalan utama Semarang-Solo memasuki wilayah Boyolali terpantau mulai meningkat dengan arus lalu lintas ramai lancar dan diperkirakan puncaknya pada H-2 Lebaran. ANTARA FOTO - Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, SOLO --  Bagi pemudik yang akan melewati sekitar Solo, terdapat beberapa jalur yang dapat dipilih, baik itu jalur utama maupun jalur alternatif.

Dari panduan mudik balik Lebaran yang dikeluarkan Polres Karanganyar, bagi para pemudik yang melintas di wilayah Karanganyar, ada empat jalur utama dan empat jalur alternatif yang dapat dilalui.

Untuk jalur utama yang pertama yaitu Jalan Adi Sucipto, Colomadu Karanganyar - Solo dengan jarak tempuh lebih kurang 7,8 kilometer, sekitar 16 menit. Jalur lurus kecepatan tinggi dan rawan kecelakaan, kawadan pemukiman padat penduduk, jalur utama menuju Solo dan Bandara Adi Sumarmo.

Jalur Utama lainnya, Jalan Solo - Gemolong - Purwodadi, memiliki jarak tempuh lebih kuranh 6,3 kilometer, sekitar 16 menit. Ruas jalan sempit, arus lalin campuran, dan kurang penerangan jalan.

Kemudian, Jalan Solo-Sragen, jarak tempuh lebih kurang 13,2 kilometer, sekitar 21 menit. Jalur lurus kecepatan tinggi yang rawan kecelakaan, kawasan industri, TDP Bottleneck di Nglarangan dan Grompol Kebakkramat.

Selanjutnya, Jalan Solo-Tawangmangu-Magetan, dengan jarak tempuh lebih kuranh 45 km sekitar 80 menit, merupakan kawasan padat penduduk, kawasan industri, jalur luar kota kecepatan tinggi.

Selain itu terdapat beberapa jalur alternatif yang dapat digunakan.

Jalur Sragen - Batu Jamus - Kuto-Mojogedang - Bejen - Karanganyar Kota dengan jarak tempuh lebih kurang 17 km, sekitar 29 menit. Ruas jalan sempit, banyak tikungan dan turunan tajam, kurangnya rambu lalu lintas, kurang penerangan jalan.

Jalur Karanganyar - Matesih - Tawangmangu - Magetan, dengan jarak tempuh lebih kurang 32,2 km, sekitar 58 menit. Memiliki ruas jalan sempit, banyak tikungan dan turunan tajam, kurangnya rambu lalu lintas, kurang penerangan jalan.

Jalur Sragen - Kebakkramat - Tasikmadu - Karanganyar Kota, dengan jarak tempuh lebih kurang 32,3 km, sekitar 58 menit. Ruas jalan sempit, kurang penerangan jalan, dan kawasan padat penduduk.

Jalur Colomadu - Klodran -Sragen melalui pintu tol Klodran memikiki jarak tempuh lebih kurang 17,7 km, sekitar 28 menit. Untuk jalur ini, sarana dan prasarana belum menunjang, kurang rambu dan lampu penerangan jalan, dioperasikan satu arah mulai pukul 6.00-17.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top