MUDIK LEBARAN 2017: Rest Area Candi Arang dan Bakso 3 Juta

Bagi pemudik yang ingin melanjutkan perjalanan melewati tol fungsional Brebes Timur Gringsing, tak perlu khawatir jika ingin mengudap makanan segar macam bakso.
Suroso, pedagang bakso di rest area Candi Arang, tol fungsional Batang. - Tim Jelajah

Bisnis.com, BATANG--Istirahat dari kepenatan perjalanan mudik lebaran, tak jarang perut dan mulut minta diisi makanan segar, bakso pun bisa menjadi penawar.

Bagi pemudik yang ingin melanjutkan perjalanan melewati tol fungsional Brebes Timur – Gringsing, tak perlu khawatir jika ingin mengudap makanan segar macam bakso.

Di beberapa lokasi, tempat beristirahat tersedia kedai makanan. Salah satunya di Desa Candi Arang, Kabupaten Batang.

Di sini tumbuh sentra ekonomi baru khas mudik lebaran, tempat- tempat penduduk lokal menjajakan makanan seakan menyapa pemudik untuk mampir sejenak.

Begitulah, pembukaan jalan tol Batang-Gringsing secara fungsional memberi berkah tersendiri bagi warga sekitar

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jawa-Bali 2017, sempat mampir ke tempat Suroso menjajakan bakso di Desa Candi Arang, Kabupaten Batang.

Suroso bertutur soal berkah mudik lebaran dan pembukaan jalan tol fungsional yang jadi perlintasan pemudik.

Berdagang bakso sejak tiga hari sebelumnya dengan modal sewa tempat usaha Rp3 juta untuk tempo 20 hari dijalaninya dengan ringan.

Ia menambahkan, sejak jalur Brebes-Gringsing dibuka secara fungsional, banyak penduduk yang mengalami peningkatan pendapatan.

Puluhan warga dari desanya ikut mengadu untung berjualan di tepi jalan tol fungsional. Mereka menempati lokasi rest area sementara.

Lantas berapa penghasilan Suroso? "Lumayan, sekarang sehari bisa Rp3 juta. Kalau biasanya jualan keliling kampung hanya Rp1 juta itu pun sudah capek,  di sini saya hanya duduk menunggu," tutur Suroso mengisahkan berkah tol fungsional dan omzet jualan baksonya yang mencapai angka Rp3 juta, Selasa (20/6/2017).

Ia pun berharap, ke depan, warga desa masih bisa ikut menuai manfaat dari keberadaan jalan tol yang direncanakan dibuka pada 2018 tersebut.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : TIM JELAJAH

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup