INFO MUDIK: Tiket Online ASDP Kurangi Antrean di Ketapang-Gilimanuk

Program pembelian tiket online yang digelar oleh ASDP Ferry Indonesia diklaim telah berhasil mengurai kepadatan arus pemudik di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dan Merak-Bakauheni.
Truk memasuki kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Truk ekspedisi dan angkutan barang mempercepat pengiriman ke Indonesia bagian timur, sebelum jalur penyeberangan Jawa-Bali ditutup bagi angkutan barang dan diprioritaskan untuk pemudik pada H-4 Idulfitri. - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, BANYUWANGI - Program pembelian tiket online yang digelar oleh ASDP Ferry Indonesia diklaim telah berhasil mengurai kepadatan arus pemudik di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk dan Merak-Bakauheni.

General Manager ASDP Cabang Ketapang Elvi Yosa mengatakan program pembelian tiket feri secara online yang diberlakukan sejak 1 Juni 2017 mempersingkat waktu transaksi yang kerap menimbulka antrean panjang di pelabuhan penyeberangan.

"Kalau transaksi dengan uang tunai dutasinya antara 18-43 detik, sedangkan kalau via online hanya selesai dalam 5 detik. Ini mempersingkat waktu tunggu di pelabuhan," ujarnya kepada tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2017 di Pelabuhan Ketapang, Jumat (24/6/2017).

Sayangnya, Elvi mengaku jumlah penumpang yang membeli tiket via online hingga saat ini baru sekitar 2%-3% dari total penumpang. "Sebab memang waktu sosialisasunya kurang."

Bagaimanapun, Elvi mengklaim tahun ini panjang antrean penumpang di pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk berkurang sangat signifikan.

"Tahun lalu panjang antrean mencapai 12km, tapi sekarang hanya 800 m-1 km. Selain karena imbas dari pembelian tiket online, kami membuka lebih banyak loket masuk, khususnya untuk pengguna kendaraan roda dua."

Di Pelabuhan Gilimanuk, misalnya, ASDP menambah jumlah loket kecil dari yang hanya 3 menjadi 7 loket. Selain itu, ASDP membenahi sistem pelabuhan, kapasitas kapal pengangkut penumpang, dan ketepatan jadwal waktu.

(Tim LL-JJB: Agne Yasa, Ashari Purwo, David Eka I., Feri Kristianto, Gemal Abdel Nasser, Wike D. Herlinda, Yanita Petriella)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mudik lebaran

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup