SALAT IDUL FITRI 1438 H: Quraish Shihab Jadi Khatib di Masjid Istiqlal

Bisnis.com, JAKARTA-- Prof. Quraish Shihab didapuk menjadi khatib dalam salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, sedangkan imam salat dipercayakan kepada salah satu imam rawatib Masjid Istiqlal yaitu Ahmad Husni Ismail.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 24 Juni 2017  |  14:43 WIB

Bisnis.com, JAKARTA-- Prof. Quraish Shihab didapuk menjadi khatib dalam salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, sedangkan imam salat dipercayakan kepada salah satu imam rawatib Masjid Istiqlal yaitu Ahmad Husni Ismail. 

Abu Harairah Abdul Salam, Kepala Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal, mengatakan untuk imam salat dan khatib Idul Fitri besok telah ditentukan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut pelaksanaan salat Idul Fitri. Menurutnya, banyak tokoh negara dan duta besar negara lain yang akan mengikuti ibadah salat Idul Fitri bersama di Masjid Istiqlal.‎ 

"Imamnya nanti adalah salah satu imam rawatib di Masjid Istiqlal yaitu Ahmad Husni Ismail dan yang bertugas untuk khutbah nanti adalah Prof. Quraish Shihab," katanya,  di Jakarta, Sabtu (24/6/2017).

Dia mengemukakan persiapan yang dewasa ini telah dilakukan di antaranya adalah ‎menyiapkan pasokan listrik cadangan agar pada saat listrik padam, cadangan listrik sudah siap. Selain itu, persiapan lain adalah mengecek sound system dan memperbaiki kran serta mengecek mesin air yang bermasalah.

"Kami sudah mengecek semua, termasuk juga sound system di 18 titik, agar pada saat salat nanti semuanya sudah aman, tidak ada gangguan apapun," tuturnya.

Dari sisi keamanan, dia menjelaskan pihaknya kini juga telah melakukan koordinasi dengan sejumlah aparat penegak hukum‎ seperti Polri dan TNI agar pelaksanaan ibadah, dapat berjalan dengan aman dan nyaman bagi jamaah.

"Kami sudah koordinasi dengan aparat penegak hukum untuk masalah keamanan. Jadi jamaah bisa melakukan ibadah dengan tenang," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
idul fitri

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top