KARYA BAKTI LEBARAN 2017: Anggota Pramuka Ikut Bantu Para Pemudik

Kabar24.com, JAKARTA--Di balik hiruk pikuk para penumpang di Stasiun Gambir Jakarta Pusat, terlihat sejumlah petugas dengan pakaian yang berbeda dari petugas lain yakni pakaian Pramuka.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 24 Juni 2017  |  16:49 WIB
Anggota pramuka mengatur lalu lintas di jalur mudik Jalan M Hasibuan, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/7/2015). Selain polisi, sejumlah relawan dari beberapa unsur seperti Pramuka, PMI, Dinas Kesehata. Selain polisi, sejumlah relawan dari beberapa unsur seperti Pramuka, PMI, Dinas Kesehatan, komunitas motor ikut membantu kelancaran lalu lintas pada arus mudik 2015. - Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Di balik hiruk pikuk para penumpang di Stasiun Gambir Jakarta Pusat, terlihat sejumlah petugas dengan pakaian yang berbeda dari petugas lain yakni pakaian Pramuka.

Mereka adalah para anggota Pramuka yang mengikuti kegiatan Karya Bakti Lebaran. Selama 15 hari sejak 20 Juni-4 Juli nanti puluhan anggota Pramuka disebar di 17 titik keberangkatan atau kedatangan arus mudik dan balik di Jakarta seperti di stasiun dan terminal-terminal.

Salah satu anggota Pramuka lulusan SMAN 35 Jakarta, Adelia, mengaku ini merupakan tahun keempat dirinya ikut bertugas dalam kegiatan Karya Bakti Lebaran. Selama mengikuti kegiatan Karya Bakti, mereka bertugas membantu para pemudik seperti menunjukkan arah dan memberikan bantuan lain, seperti mengangkat barang, khususnya bagi para lansia.

"Banyak suka dukanya. Bisa kenalan dengan teman-teman, bisa membantu. Dukanya, kalau melihat ada penumpang yang kesulitan seperti ada yang jatuh, kadang ada juga yang ketinggalan, kasihan," katanya, Sabtu (24/06/2017).

Adelia dan teman-temannya bertugas setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

"Habis buka puasa kami pulang," kata Umar, anggota Pramuka yang juga ditempatkan di Stasiun Gambir bersama Adelia.

Tahun ini merupakan tahun pertama bagi Umar mengikuti kegiatan ini. Umar berkisah, demi mengikuti kegiatan ini, dia rela tidak ikutan mudik dan baru akan mudik usai Lebaran nanti.

Padahal, kata mereka, untuk bisa mengikuti kegiatan ini, selain unsur niat, juga harus melewati seleksi. Tidak semua orang bisa ikut mengabdikan diri dalam Karya Bakti Lebaran.

Selamat Idul Fitri. Selamat bertugas para Pramuka dan petugas lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top