SIDANG ISBAT 2017: 1 Syawal 1438 H Jatuh Pada Minggu (25/6/2017)

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Agama RI akhirnya menetapkan 1 syawal 1438 H jatuh pada Minggu tanggal 25 Juni 2017.
Sholahuddin Alayyubi & Achmad Aris
Sholahuddin Alayyubi & Achmad Aris - Bisnis.com 24 Juni 2017  |  18:39 WIB
Bulan sabit tanda bulan baru - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Agama RI akhirnya menetapkan 1 syawal 1438 H jatuh pada Minggu tanggal 25 Juni 2017. 

"Ada 6 petugas Kementerian Agama di bawah sumpah bahwa mereka telah melihat Hilal," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melalui jumpa pers, Sabtu (24/6/2017) malam. 

Maka atas dasar laporan tersebut, jelasnya, seluruh peserta sidang isbat bersepakat bahwa malam ini telah memasuki 1 syawal 1438 H, sehingga besok masyarakat Indonesia bisa melaksanakan salat Idulfitri.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat (penentuan) awal Syawal 1438 Hijriah bersama seluruh ormas Islam untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri yang ‎diadakan secara tertutup.

Menteri Agama (Menag) bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin akan memimpin jalannya sidang isbat yang diadakan secara tertutup dengan peserta yang hadir adalah seluruh ormas Islam termasuk para duta besar negara lain.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com dari lokasi, Kemenag dan MUI serta seluruh ormas Islam sudah mendengarkan observasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)‎.

Setelah itu, hasil observasi tersebut akan dibawa ke meja sidang isbat untuk kemudian didiskusikan bersama seluruh ormas Islam guna menentukan awal Syawal 1438 Hijriah dan Hari Raya Idul Fitri.

Saat ini, seluruh pewarta masih menunggu di luar ruang sidang Isbat. Rencananya, seluruh pimpinan sidang akan memberikan keterangan pers setelah sidang tersebut selesai didiskusikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sidang isbat

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top