Terkena Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Selatan? Jangan Panik, Petugas Medis Siap Membantu

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah mempersiapkan penanganan pertama untuk wisatawan pantai selatan yang terkena sengatan ubur-ubur selama libur Lebaran 2017.
Pantai Selatan Gunung Kidul - Jibiphoto

Bisnis.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah mempersiapkan penanganan pertama untuk wisatawan pantai selatan yang terkena sengatan ubur-ubur selama libur Lebaran 2017.

"Mudah-mudahan ubur-ubur tidak muncul di pantai selama musim libur Lebaran, tetapi semuanya sudah kami antisipasi jika ada wisatawan yang kena," kata Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Senin.

Menurut dia, kemunculan ubur-ubur atau binatang menyerupai gelembung udara warna biru di pantai selatan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya biasanya terjadi pada musim kemarau dengan cuaca dingin pada malam hari. 

Para wisatawan pantai atau masyarakat yang berlibur setelah merayakan Lebaran bersama keluarga tetap aman dan dapat menikmati liburan bersama keluarga.

Tenaga medis selalu siaga di posko kawasan wisata guna memberikan pertolongan bagi wisatawan. "Setiap pos yang didirikan di pantai selatan sudah koordinasi dengan Dinkes dan yang pasti ada tenaga medis. Teman-teman petugas medis kita sudah tebiasa menangani wisatawan yang terkena sengatan ubur ubur," kata Dwi.

Selain itu, BPBD menerjunkan sekitar 90 personel SAR pantai untuk mengamankan kawasan pantai selatan mulai dari Pantai Parangtritis, Pantai Depok hingga ke barat Pantai Baru.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pantai selatan

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup