Bus Dari Malaysia Penuhi Terminal ALBN Ambawang

Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sungai Ambawang mengalami lonjakan penumpang menjelang libur Lebaran 2017 ini.
Tampak depan suasana Terminal ALBN Ambawang pada Lebaran kedua 2017, setelah 2 hari sebelumnya dipadati bus dari negeri tetangga Malaysia - Jibi/Yanuarius Viodeogo.

Bisnis.com, PONTIANAK—Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sungai Ambawang mengalami lonjakan penumpang menjelang libur Lebaran 2017. 

Bahkan petugas terminal saat ditemui Bisnis, tidak menduga jumlah bus di terminal lebih banyak pada 2017 ini dibandingkan dengan tahun lalu.

Koordinator Terminal ALBN Sungai Ambawang Thomas Oktavianus Linggi mengatakan lonjakan tersebut terjadi di luar perkiraan pihaknya. “Kami tidak menyangka akan terjadi lonjakan ini, biasanya bus dari Kuching Malaysia ke Pontianak atau sebaliknya hanya sekitar 10 bus, tetapi kali ini ada 15 hingga 20 bus,” ujarnya, Senin (26/6/2017).

Menurutnya, lonjakan disebabkan karena banyak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mudik lebaran dan pulang ke kampung halaman di Kalimantan Barat.

Selain terjadi peningkatan drastis bus dari Malaysia di ALBN, kata Thomas, terjadi lonjakan penumpang bus Antar Lintas Dalam Provinsi (ALDP) dari Pontianak ke Sintang dan Nanga Pinoh. 

Berdasarkan data dari ALBN, pada H-2 ada 19 bus trayek antar negara dan sebanyak 27 bus untuk trayek H-2. “Kendati terjadi lonjakan penumpang, kami bisa mengantisipasi supaya tidak terjadi penumpukan penumpang di terminal dan penumpang bisa mendapatkan bus sesuai tujuan masing-masing daerah,” ucapnya. 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
terminal Ambawang

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup