Antisipasi Kemacetan, Menhub Imbau Balik H+4

Kepadatan arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+4 Idulfitri yaitu Jumat (30/6/2017). Pudji Hartanto, Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, menghimbau kepada pemudik dengan kendaraan pribadi untuk kembali ke Jakarta sebelum puncak arus balik. H+4 Idulfitri yaitu Jumat (30/6/2017).
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 27 Juni 2017  |  13:13 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalur Selatan Lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (15/6). Jalur lintas selatan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi rute pemudik pada arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1438 H, selain jalur Pantura Jawa atau jalan Tol Palimanan. ANTARA FOTO - Adeng Bustomi

Bisnis.com, JAKARTA - Kepadatan arus balik diperkirakan akan terjadi pada H+4 Idulfitri yaitu Jumat (30/6/2017). Pudji Hartanto, Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, menghimbau kepada pemudik dengan kendaraan pribadi untuk kembali ke Jakarta sebelum puncak arus balik. H+4 Idulfitri yaitu Jumat (30/6/2017).

"Saya sampaikan, yang punya kesempatan lebih awal pulang, ya mari kita pulang lebih awal tidak bersamaan dengan hari puncaknya arus balik yaitu H+4 atau H+5," katanya di Jakarta, Selasa (27/6/2017).

Kementrian Perhubungan menjelaskan, penetapan H+1 Idulfitri jatuh pada Selasa (27/6/2017) kemudian perkiraan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 dan H+5 yaitu Jumat hingga Sabtu (30/6/2017-1/7/2017).

Menurut Pudji, puncak arus balik akan dipadati oleh sebagian besar warga Jakarta yang akan kembali beraktifitas pada Senin (3/7/2017) dan bertepatan dengan dibukanya kembali operasi pelintasan angkutan barang dan truk di jalur mudik.

Pemudik juga dihimbau untuk mengantisipasi kepadatan yang mungkin terjadi di sejumlah rest area yang dapat mengakibatkan kemacetan disepanjang jalur mudik.

"Nantinya di Jalur Cipali arah Jakarta KM 62 itu ada rest area pertama pertemuan arus kendaraan dari Jawa Tengah. Diperkirakan akan macet luar biasa karena ada bottle neck, penyempitan jalur masuk ke rest area yang sudah penuh lalu dipaksakan," ujarnya.

Untuk mengurangi kepadatan di rest area antisipasi yang akan diberlakukan adalah penutupan rest area sementara dan pemberlakuan contra-flow sampai dengan rest area berikutnya.

"Jangan lebih dari satu jam beristirahat di rest area. Cukup 45 menit kemudian lanjut jalan lagi," imbau Pudji.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, Arus Balik

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top