ARUS BALIK LEBARAN 2017: Bus AC Naikkan Tarif Hingga 100%

Sejumlah agen perusahaan otobus yang melayani tiket arus balik Lebaran jurusan Wonosari, Yogyakarta-Jakarta menyatakan telah kehabisan tiket untuk keberangkatan 1 Juli 2017.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 27 Juni 2017  |  15:55 WIB
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Sejumlah agen perusahaan otobus (PO) yang melayani tiket arus balik Lebaran jurusan Wonosari, Yogyakarta-Jakarta menyatakan telah kehabisan tiket untuk keberangkatan 1 Juli 2017.

Selain ludes terjual, mereka juga menerapkan kenaikan harga tiket bus mencapai 100%. Untuk tiket bus AC jurusan Wonosari-Jakarta yang biasanya dibanderol Rp175.000 per penumpang naik menjadi Rp320.000 per penumpang.

"Untuk tanggal tersebut saat ini di tempat kami sudah terjual habis," kata Bu Gondo, salah satu agen PO Santoso, Selasa (27/6).

Dia menambahkan, kenaikan harga tiket bus AC jurusan Wonosari-Jakarta tersebut adalah sesuai mekanisme pasar. Alasannya, bus jurusan Jakarta yang berangkat dari terminal Dhaksinarga Wonosari Yogyakarta tidak ada yang berkategori bus ekonomi.

"Untuk kelas ekonomi, kami tidak ada. Begitu juga dengan PO lainnya," terangnya.

Kemarin, dia telah melakukan pemantauan ke Terminal Jombor, Giwangan dan arus lalu lintas ke sejumlah tempat wisata di DIY. Dia mengusulkan perlu adanya sinergitas dalam pengaturan lalu lintas selama Lebaran.  Sebab, kurang sinergisnya pengaturan lalu lintas ke sejumlah objek wisata membuat terjadinya penumpukan kendaraan di sejumlah arus lalu lintas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top