Libur Lebaran: Yogyakarta Dilintasi Tak Kurang dari 4 Juta Pelancong

Haryadi meminta agar pelancong ke Yogyakarta, khususnya yang menyambangi kawasan Malioboro agar tidak berhenti semabarangan. Hal ini dikhawatirkan menganggu kelancaran arus lalu lintas.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Juni 2017  |  16:12 WIB
Andong di Malioboro Yogyakarta - Istimewa

Bisnis.com, YOGYAKARTA — Pemerintah Kota Jogja memprediksi ada sekitar 3,5 juta hingga 4 juta pelancong yang mengunjungi Yogyakarta dan sekitarnya. Wisatawan tersebut ada yang benar-benar singgah untuk bertamasya, ada pula yang sekadar melintas.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan Yogyakarta masih menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan libur Lebaran pada tahun ini. Dengan asumsi jumlah kunjungan itu, setidaknya meningkat tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah warga yang beraktivitas di Kota Yogyakarta atau hampir 10 kali lipat dibandingkan dengan jumlah warga Kota Yogyakarta.

Haryadi meminta agar pelancong ke Yogyakarta, khususnya yang menyambangi kawasan Malioboro agar tidak berhenti semabarangan. Hal ini dikhawatirkan menganggu kelancaran arus lalu lintas.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono mengatakan akan meminta kelompok musik yang biasanya bermain kulintang di Malioboro untuk sementara tidak pentas di kawasan tersebut.

"Biasanya, akan muncul kerumunan orang yang cukup banyak untuk melihat pertunjukan dari kelompok tersebut sehingga berpotensi menghambat arus lalu lintas. Oleh karena itu, kami meminta agar mereka tidak pentas di Malioboro untuk sementara waktu," katanya.

Kelompok tersebut, lanjut dia, akan diarahkan untuk menghibur wistawan di tempat lain, misalnya tempat khusus parkir sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
yogyakarta, Mudik Lebaran

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top