Libur Lebaran, Kepulauan Derawan Jadi Incaran Pelancong

Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang menikmati libur Lebaran.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Juni 2017  |  10:54 WIB
Wisata pantai di Kepulauan Derawan

Bisnis.com, NUNUKAN—Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara yang menikmati libur panjang Lebaran.

Rusdi, warga Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara melalui sambungan telepon, Rabu (28/6/2017) merupakan salah satu wisatawan yang memilih melancong ke Derawan. 

Dia menyebutkan lokasi wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan lain. Warga Kabupaten Nunukan lainnya bernama Irwan juga mengaku sedang berada di Pulau Maratua, salah satu gugusan pulau wisata di daerah itu. Pulau Maratua yang terkenal dengan pasir putih sepanjang pantainya sangat menarik dan menjadi salah satu yang wajib disambangi saat berwisata ke daerah ini.

Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau.

Selain itu, banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pulau derawan

Editor : Ratna Ariyanti
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top