Arus Balik di Pelabuhan Sampit Belum Padat

Arus balik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mulai terjadi tetapi jumlah penumpang yang datang belum terlampau ramai.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Juni 2017  |  14:47 WIB
Ilustrasi: KM Leuser saat merapat di pelabuhan Sampit, Kab Kotim, Kalteng. - Antara/Untung Setiawan

Bisnis.com, SAMPIT — Arus balik di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mulai terjadi tetapi jumlah penumpang yang datang belum terbilang ramai.

"Hari ini KM Lawit dari Surabaya membawa 271 penumpang. Yang banyak malah penumpang yang naik [berangkat] yakni sekitar 500 penumpang," kata Direktur Polair Polda Kalimantan Tengah Komisaris Besar Polisi Badarudin saat memantau di Pelabuhan Sampit, Kamis (29/6/2017).

KM Lawit tiba sekitar pukul 11.30 WIB dan langsung menurunkan penumpang. Kapal ini akan berangkat ke Semarang pada Jumat (30/6/2017) pagi dengan jumlah penumpang terdaftar sementara sekitar 500 penumpang.

Saat ini penumpang arus balik masih sepi karena banyak warga yang masih berlebaran di kampung halaman. Peningkatan penumpang arus balik lebaran diperkirakan terjadi mulai 3 Juli nanti usai masyarakat di pulau Jawa menjalankan tradisi Lebaran ketupat yang biasanya dilaksanakan sepekan setelah hari raya Idulfitri.

"Kapasitas kapal milik Pelni sekitar 1.600 dan kapal roro sekitar 600 orang. Penumpang yang akan balik diperkirakan 18.000 penumpang," kata Badarudin.

Hingga saat ini pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran masih lancar dan tidak terjadi kecelakaan.

Direktorat Polair Polda Kalimantan Tengah menurunkan dua kapal beserta kru di perairan dan 20 personel di darat untuk membantu pengamanan arus mudik dan lebaran.
Kekuatan tim juga diperkuat oleh instansi lain seperti Polres Kotawaringin Timur, Kodim 1015 Sampit, Dinas Perhubungan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, dan Pelindo III.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sampit

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top