Jumlah Penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak Naik Tipis

Penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada arus mudik dan balik 2017 naik 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.n
Penumpang turun dari KM Labobar yang bertolak dari Pelabuhan Balikpapan saat tiba di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/6). - Antara/Moch Asim

Bisnis.com, SURABAYA—Jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada arus mudik dan balik 2017 meningkat 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu karena perbaikan pelayanan.

Kepala Humas Pelindo III Widyaswendra di Surabaya, Kamis (29/6/2017) mengatakan kenaikan itu juga didasarkan semakin banyaknya masyarakat yang kini menjadikan kapal laut sebagai angkutan alternatif karena padatnya jumlah penumpang pesawat.

Berdasarkan data mulai 18 hari sebelum Lebaran hingga H+2, total penumpang yang telah turun di Tanjung Perak mencapai 75.644 orang, sedangkan tahun 2016 mencapai 73.527 orang.

Sementara itu, jumlah penumpang setelah Lebaran tertinggi terjadi pada H+2 dengan total 12.000 penumpang. Adapun hari ini, Kamis (29/6/2017) jumlah penumpang mencapai 500 orang. "Hari ini rencana ada empat kapal yang bersandar," kata Wendra.

Wendra memprediksi, puncak arus balik di Tanjung Perak akan terjadi pada H+15 dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 13.000 orang.

"Kami perkirakan mulai H+13 hingga H+15 akan terjadi lonjakan arus balik penumpang kapal karena sejumlah masyarakat yang balik bekerja akan membawa saudaranya ikut merantau," katanya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tanjung perak

Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup