Jangan Berhenti Sembarangan di Jalur Daendels Srandakan-Cilacap.

Pemudik yang melewati jalur pantai selatan via Jalan Daendels perlu menyiapkan diri ketika melewati jalur ini, terutama untuk hal-hal kecil salah satu contohnya buang air kecil.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017
Tim Jelajah Jawa-Bali 2017 - Bisnis.com 29 Juni 2017  |  20:55 WIB
Pekerja memasang lampu penerangan jalan di jalur selatan kawasan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (30/5). Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub memasang sekitar 400 lampu penerangan jalan di jalur selatan perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah yang tidak memiliki penerangan jalan untuk kesiapan arus mudik Lebaran 2017. ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak

Bisnis.com, KEBUMEN — Pemudik yang melewati jalur pantai selatan via Jalan Daendels perlu  menyiapkan diri ketika melewati jalur ini, terutama untuk hal-hal kecil salah satu contohnya buang air kecil.

Pasalnya di jalur Daendels Selatan, tidak akan ditemui stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang menyediakan toilet layaknya di jalur utara yang sangat mudah ditemukan. Untuk itu, ada beberapa tips bagi pemudik apabila sudah kepepet hendak buang air kecil.


Salah satu caranya, dengan berhenti sebentar di warung sate ambal di sepanjang Kebumen. Di daerah ini ada sekitar belasan warung sate khas Kebumen tersebut yang menyediakan toilet untuk buang air kecil.

Selain warung, pemudik juga bisa memanfaatkan musala yang menyediakan fasilitas toilet. Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah Jawa Bali 2017 mencatat setidaknya ada tiga musala yang mengizinkan toiletnya digunakan oleh pemudik.

Ketiga musala tersebut berada di arah Cilacap-Srandakan, tepatnya di sepanjang wilayah Kebumen.

Dua hal itu bisa dimanfaatkan oleh pemudik, dibandingkan dengan harus membuang air kecil sembarangan di pinggir jalan. Pasalnya, selain tidak higienis, jalur ini sangat sedikit ruasnya yang memungkinkan menepikan kendaraan sehingga membahayakan jika berhenti di pinggir jalan.

Tim peliput: Agne Yasa, Feri Kristianto, David Eka Issetiabudi, Yanita Petriella

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, arus mudik

Sumber : TIM JELAJAH

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top