Catat Ini, Kemenhub Bilang Sabtu dan Minggu Jadi Puncak Lonjakan Arus Balik

Kementerian Perhubungan mencatat sudah ada lonjakan pemudik yang sudah memadati bandara dan stasiun dan akan mencapai puncaknya pada Sabtu dan Minggu
Kendaraan antre di gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi pada H5 dan H6. - Antara/Dedhez Anggara

Bisnis.com, MERAK -- Kementerian Perhubungan mencatat sudah ada lonjakan pemudik yang sudah memadati bandara dan stasiun dan akan mencapai puncaknya pada Sabtu dan Minggu

Sugihardjo, Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan sudah ada peningkatan volume arus balik yang terjadi di bandara dan stasiun. Namun belum sampai pada volume puncaknya yang diperkirakan akan jatuh pada hari Sabtu (1/7/2017) dan Minggu (2/7/2017).

"Perkiraan kami jika naik pesawat dan kereta penumpangnya santai dan terjadwal penumpukannya. Sehingga bisa mengambil tiket pada hari Minggu," kata Sugihardjo saat konferensi pers, Jumat (30/6/2017/).

Sugihardjo menambahkan jalur yang pasti padat sejak Sabtu adalah gelombang arus mudik dengan memakai mobil pribadi dan bus. Hal ini demi mengejar aktivitas kantor yang dimulai pada Senin (3/7/2017).

"Saya mengapresiasi kenaikan penumpang transportadi udara. Tercatat sampai H+3 kemarin naik 9% untuk keberangkatan domestik. Presentase tersebut tergitung dari H-10 sampai H+3. Hal yang mengagetkan untuk penerbangan internasional melonjak sampai 15%," katanya.

Kemenhub mencatat untuk angkutan umum terutama bus yang tidak layak jalan tidak diperbolehkan untuk berangkat. Hal ini mengingat jumlah bus sebenarnya sudah cukup untuk mengangkut arus balik.

"Sebenarnya jumlah bus sudah cukup, namun ada beberapa armada yang menjadi favorit pemudik sehingga beberapa armada lain sepi. Hal ini yang membuat terjadi penumpukan di beberapa pool bus," ujarnya.

Sugihardjo mengatakan pada arus puncak yang diprediksi jatuh pada hari Sabtu dan Minggu nanti pemudik diharapkan untuk tetap menjaga keselamatannya. Dia menambahkan pentingnya untuk tetap tenang saat berkemdara dan terus mengikuti arahan dari petugas yang bekerja di jalan.

"Rekayasa lalu lintas akan diterapkan jika terjadi kemacetan. Bagi para pemudik tolong ikuti intruksi dan peraturan yang ada di jalan. Pada tahun ini patut disyukuri jumlah kecelakaan mulai menurun di banding tahun lalu," katanya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik

Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup