Kemenhub: Truk Mulai Senin Sudah Bisa Beroperasi

Kemenhub tidak memperpanjang larangan truk untuk beroperasi mengingat dampaknya tehadap nilai ekonomi secara luas
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 30 Juni 2017  |  21:36 WIB
Sejumlah truk antre di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, yang akan berangkat menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali. - Antara/Budi Candra Setya

Bisnis.com, BAKAUHENI -- Kemenhub tidak memperpanjang larangan truk untuk beroperasi mengingat dampaknya tehadap nilai ekonomi secara luas

Sugihardjo, Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bahwa Menteri Perhubungan (Menhub) tidak memperpanjang larangan truk untuk beroperasi. Truk sudah bisa beroperasi secara normal pada Senin (3/7/2017).

"Truk sebenarnya dari hari ini sudah diperbolehkan beroperasi, namun tujuannya mesti arah sebaliknya dari arus balik. Jika searah dengan arah arus balik maka polisi lalu lintas (Polantas) bisa menindaknya dengan cara mengalihkan jalan atau menghentikan sementara truk tersebut," kata Sugihardjo saat konferensi pers di Bakauheni, Jumat (30/6/2017).

Pelarangan truk beroperasi searah dengan arus balik demi menghindari kemacetan yang ditimbulkan oleh truk. Selain itu truk dinilai lebih beresiko membahayakan kendaraan lain dan memakan banyak tempat yang sebenarnya bisa digunakan oleh kendaraan lain.

"Tujuan Kemenhub melarang sementara truk beroperasi bertujuan untuk kepentingan bersama. Terlebih untuk mengurangi jumlah kendaraan berat yang berada di jalanan," ungkapnya.

Sugihardjo menambahkan jika pelarangan truk beroperasi searah dengan arus balik baru sampai pada tahap himbauan. Untuk konsekuensi pelanggaran akan diserahkan kepada polisi untuk bisa mengatur truk agar tidak mengganggu kendaraan lain.

"Silahkan saja truk beroperasi, namun ada baiknya berlawanan dengan arah arus balik mudik, demi kenyamanan bersama," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik

Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top