BI Aceh Siapkan Rp1,2 Triliun untuk Penukaran Uang

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh menyiapkan uang kartal Rp1,2 triliun untuk melayani penukaran uang oleh masyarakat menjelang Idulfitri 2018.
Abdul Hadi Firsawan
Abdul Hadi Firsawan - Bisnis.com 05 Juni 2018  |  18:28 WIB
Ilustrasi penukaran uang baru menjelang Idulfitri. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, BANDA ACEH – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh menyiapkan uang kartal Rp1,2 triliun untuk melayani penukaran uang oleh masyarakat menjelang Idulfitri 2018. Penukaran uang rupiah dengan dengan kondisi baru lumrah dilakukan jelang hari besar keagamaan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Zainal Arifin Lubis menyebutkan jumlah uang baru yang disiapkan BI Aceh tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya di bawah Rp1 triliun. BI Aceh bersama bank umum melayani penukaran uang baru dari 30 Mei hingga 8 Juni 2018.

"Untuk saat ini kita lihat stok yang kita sediakan dengan permintaan masyarakat masih mencukupi. Ditambah mereka merasakan kemudahan karena BI juga perintahkan bank-bank layani masyarakat," ujarnya di Banda Aceh pada Selasa (5/6/2018).

Dia nmenjelaskan penukaran uang baru bisa dilakukan di mobil kas keliling dan kas titipan. Di daerah-daerah terpencil, masyarakat juga bisa memperoleh uang tunai kondisi baru pada kantor cabang pembantu milik bank umum. Jenis uang pecahan yang disediakan mulai dari Rp1.000 sampai Rp100.000.

Terkait dengan peredaran uang palsu di Aceh, BI Aceh sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk memantau. Saat ini, kata Zainal, peredaran uang palsu di Aceh masih sedikit dan realtif kondusif. Mereka pernah menemukan uang palsu dibeberapa daerah di Aceh, namun jumlahnya tidak signifikan.

"Kalau kita total [uang palsu yang ditemukan] itu tidak sampai tiga digit selama setahun. Pernah terjadi di Singkil, Aceh Barat, dan sekitarnya," sebut Zainal.

Dia berharap jika masyarakat menemukan uang palsu langsung memberi informasi kepada bank umum atau ke Bank Indonesia langsung.

Ada banyak ciri-ciri uang rupiah asli, namun cara mengenalinya paling mudah dengan meraba dan menerawang uang tersebut. Saat diterawang, pada uang asli akan muncul gambar pahlawan atau kode khusus.

Sementara itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Kota Lhokseumawe menyiapkan uang kartal kondisi baru sebanyak 1,55 triliun. Penukaran uang dipusatkan di halaman Masjid Islamic Center pada 28 Mei hingga 7 Juni 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
uang

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top