Tol Bocimi Kemungkinan Dibuka Terbatas untuk Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Itu nanti untuk jalur mudik dan sudah dilakukan peninjauan oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas, Jasa Marga, dan pihak pengembang proyek Waskita Karya," kata Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama di Cibinong, Kamis (7/6/2018).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Juni 2018  |  12:57 WIB
Foto suasana proyek pembangunan jalan tol Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi) dari ketinggian di Cigombong, Jawa Barat, Minggu (5/11). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, CIBINONG - Pemudik menuju dan kembali dari Sukabumi kemungkinan dapat menggunakan tol Bogor, Ciawi, Sukabumi alias Bocimi.

Namun, penggunaan tol Bocimi ini akan berlaku terbatas dan hanya untuk satu jalur secara bergiliran. Pertama untuk arus mudik menuju Sukabumi dan kedua untuk arus balik dari Sukabumi menuju Jakarta dengan periode waktu yang berbeda. 

Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bogor, Jawa Barat, memprediksi Tol Bocimi Seksi 1 akan dibuka untuk arus mudik 2018 pada 9 Juni.

"Itu nanti untuk jalur mudik dan sudah dilakukan peninjauan oleh Kementerian Perhubungan, Korlantas, Jasa Marga, dan pihak pengembang proyek Waskita Karya," kata Kepala Satlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama di Cibinong, Kamis (7/6/2018).

Menurut Hasby pembukaan tol tersebut hanya berlaku untuk satu jalur secara bergiliran [sistem satu arah] dalam jangka waktu beberapa hari.

Tol Bocimi akan digunakan untuk jalur arah Sukabumi, kemudian mulai Kamis (14/6/2018) hanya bisa dilalui kendaraan dari arah sebaliknya hingga Minggu (17/6).

"Jadi yang dari arah Sukabumi bisa menggunakan jalur Bocimi langsung menuju ke Jakarta," kata Hasby.

Ia menambahkan pembukaan tol tersebut hanya berlaku untuk kendaraan pribadi. Pembatasan dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mobil elf 3/4, bus, truk itu tidak diperbolehkan, apalagi mobil pick up yang mengangkut barang-barang juga tidak diperbolehkan, hanya mobil pribadi saja yang boleh," kata Hasby

Sedangkan untuk truk dan kendaraan lainnya menggunakan jalur nasional.

 Tol Bocimi sebenarnya sudah cukup baik, namun masih ada beberapa penambahan kelengkapan yang akan segera selesai dalam satu hari ke depan.

Diperkirakan 250 personel bersama elemen-elemen terkait akan menjaga dan mengatur jalur nasional dan jalur tol ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, Tol Bocimi

Sumber : Antara

Editor : Saeno
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top