JELAJAH JAWA BALI 2018: Puncak Arus Mudik Kedua Dimulai

Pemerintah memprediksikan kepadatan arus mudik akan kembali dimulai pada tanggal 12 Juni atau H-3 sebelum Lebaran
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 12 Juni 2018  |  11:13 WIB
Kendaraan pemudik melintasi ruas tol fungsional Salatiga-Solo di KM 482, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (11/6). Berdasarkan data PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN), kendaraan arus mudik yang melintasi ruas tol Salatiga-Solo pada H-4 lebaran yaitu sebanyak 5742, atau mengalami peningkatan dibanding hari sebelumnya. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memprediksikan kepadatan arus mudik akan kembali dimulai pada tanggal 12 Juni atau H-3 sebelum Lebaran

Awalnya, pemerintah memprediksikan puncak arus mudik pada 8 Juni atau H-7 Lebaran namun hal tersebut meleset. Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Jawa Bali di jalur Pantura dan Pansela tidak terjadi kepadatan sama sekali. Tetap ramai dan lancar.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menambahkan, puncak kepadatan arus mudik belum terjadi meskipun persentase jumlah kendaraan sudah meningkat. Menhub merekomendasikan masyarakat untuk mudik pada Senin-Selasa (11-12/6/2018) hari ini dan besok guna mengurai kepadatan lalu lintas.

"Saya berharap arus mudik menjadi flat sehingga kondisi seperti ini tetap bisa dipertahankan," ujarnya pada Senin (11/6/2018) melalui siaran resmi.

Berdasarkan pantauan tim jelajah jawa bali melalui fitur ‘road transport and traffic management center’ milik Dinas Perhubungan pada pukul 10.10 di daerah Cileunyi arus lalu lintas masih ramai dan lancar di kedua jalur.

Mulai terlihat banyak bus yang melintas tapi belum sampai membuat macet.

Di sisi lain, di jalur pantura pada pintu Tol Kanci pada pukul 10.10 tidak terjadi sama sekali kepadatan kendaraan para pemudik. Sejauh ini pintu tol masih lengang dari para pemudik yang ing berpulang kampung.

Sementara itu, JNE pun menyediakan Posko Mudik JNE bagi para pemudik yang mengarah ke Jawa Barat dan Jawa Timur mulai tanggal 11 Juni sampai dengan 14 Juni 2018 atau mulai H – 4 lebaran.

Untuk wilayah Jawa Barat, Posko Mudik JNE berada di Cirebon, tepatnya di 2 lokasi, yaitu di Jl. Raya Cirebon Bandung Jakarta - Weru Plered (Depan Pasar Batik) Kab. Cirebon dan di Jl. Raya Cirebon Jakarta Patrol Pantura Kab. Indramayu.

Kemudian, di Tegal, Posko Mudik JNE terdapat di Jl. Pantura tepatnya di dekat terminal Tegal.
Posko Mudik JNE juga terdapat di Garut, yaitu di Limbangan Nagreg, dan di Ciamis, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman (depan pos polisi dan pendopo bupati Ciamis. Kab Ciamis).

Selain itu, terdapat pula Posko Mudik JNE di Cilegon, yaitu di Jl. Raya Cilegon kota, landmark kota Cilegon.

Di Jawa Tengah, Posko Mudik JNE di Halaman Parkir JNE Wangon, siap melayani pemudik yang melintasi daerah tersebut.

Begitu juga bagi pemudik yang melintas di perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah, terdapat Posko Mudik JNE di Banjar, yaitu di Jl Raya Banjar Majenang SPBU 34.463.14 Kota Banjar (jalur selatan perbatasan Jabar - Jateng).

Di Semarang pun Posko Mudik JNE tersedia, tepatnya di Jalur Pantura Smg – kendal KM 12 (Jalan Raya Walisongo).

Tim Jelajah Jawa Bali 2018 (Krizia Putri Kinanti, Adam Rumansyah, Pandu Gumilar, M.Richard)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Sumber : tim jelajah

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top