JELAJAH JAWA BALI 2018: Begini Tips Belanja Murah di Malioboro

Ada cara jitu supaya bisa menghindari praktik "harga tembak" di Malioboro, Yogyakarta. Gampang dan bisa selalu dipraktikkan ketika melancong ke pusat kota pelajar tersebut.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 12 Juni 2018  |  11:31 WIB
Jalur pejalan kaki di Malioboro yang penuh dengan kain batik, pernak-pernik, dan oleh-oleh khas Yogyakarta. - .Bisnis/Pandu Gumilar

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Ada cara jitu supaya bisa menghindari praktik "harga tembak" di Malioboro, Yogyakarta. Gampang dan bisa selalu dipraktikkan ketika melancong ke pusat kota pelajar tersebut.

Jalan Malioboro yang menjajakan beragam pernak-pernik, baju, aksesoris, dan oleh-oleh khas Yogyakarta selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik lokal dan internasional. Sambil berjalan kaki menyusurinya, pasti akan tergoda untuk membeli buang tangan.

Jangan berharap akan dapat harga murah dari pedagang. Ingat ini sedang puncak kunjungan kunjungan saat libur Lebaran, pasti terjadi lonjakan harga. Namun, masih ada cara untuk mensiasatinya  supaya isi dompet tidak terkuras habis.

Pertama, gunakan bahasa Jawa supaya tawar menawar berjalan lancar dan ada rasa kedekatan antara pedagang dan pembeli. Minimal, bisa bilang “Meniko regane pinten, bu?” untuk harga barang. Ingat, bahasa Jawa adalah kunci.

Kedua, selalu tawar 50%-60% dari harga awal yang ditawarkan. Karena pada dasarnya pedagang selalu ambil kesempatan untuk meninggikan keuntungan di saat musim liburan.

Ketiga, berpura-pura jual mahal dengan sepertinya  tidak jadi membeli barang yang diinginkan, dengan harapan pedagang akan memanggil kembali. Lalu memberikan harga yang lebih sesuai.

Namuni, sabar juga menjadi kunci, karena sebagian besar barang yang dijajakan mudah ditemukan di pedagang lainnya. Jadi kalau satu pedagang tidak mau menurunkan harga, tenang saja masih ada yang lainnya.

Keempat, sebelum berbelanja persiapkan bujet yang cukup agar tidak kebobolan. Akan lebih baik kalau THR untuk keluarga sudah dikirimkan sebelum berbelanja, jadi perasaan tenang.

TCash, anak perusahaan Telkomsel, dapat memudahkan pengiriman THR jadi lebih mudah, melalui fitur kirim uang (peer-to-peer transfer). Caranya dengan memilih nomor ponsel pengguna akun TCash, kemudian mengirimkan dana THR tanpa dikenakan tambahan biaya apapun.

Metode ini memberikan keamanan dan kepraktisan bagi masyarakat dalam berbagi THR, tanpa harus menukarkan uang tunai ke bank atau terjadi kesalahan pengiriman dana.

TCash juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat memenangkan 1 Macbook prodan smartphones 4 iPhone X, bagi pemenang beruntung yang secara rutin melakukan pengiriman dana di bulan Ramadan.

Jadi belanja bisa tenang dan pengiriman THR dapat menjadi lebih mudah.

Penulis naskah: Tim Jelajah Jawa Bali 2018 (Krizia Putri Kinanti, Adam Rumansyah, Pandu Gumilar, M.Richard)

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran 2018

Sumber : Tim Jelajah

Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top